Efektivitas Fonik Sintetik dan Fonik Analitik dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5 - 6 Tahun

Windasari, Indriana Warih and Musfiroh, Tadkiroatun (2020) Efektivitas Fonik Sintetik dan Fonik Analitik dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5 - 6 Tahun. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
fulltext_indriana warih windasari_17717251053.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengung kapkan: (1) perbedaan peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia 5 - 6 tahun dengan menggunakan fonik sintetik; (2) perbedaan peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia 5 - 6 tahun dengan menggunakan fonik analitik; (3) perbedaan keefektifan peng gunaan fonik sintetik dan fonik analitik terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia 5 - 6 tahun. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK ABA Lempuyangan dan TK ABA Mubarok tahun ajaran 2019/2020. Sampelnya adalah 45 anak yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan terbagi dalam kelas fonik sintetik sebanyak 15 anak, kelas fonik analitik sebanyak 17 anak, dan kelas kontro l sebanyak 13 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia 5 - 6 tahun dengan menggunakan fonik sintetik yang ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (12,615>2.145). (2) Terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia 5 - 6 tahun dengan menggunakan fonik analitik yang ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih be sar dari t tabel (2,374>2,145). (3) Terdapat perbedaan keefektifan penggunaan fonik sintetik dan fonik analitik terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usi 5 - 6 tahun yang ditunjukkan dengan nilai Sig. hasil uji Anova (0,000) lebih besar dari 0,05. Fonik sintetik lebih efektif dibanding fonik analitik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan, dan hal tersebut diketahui dari hasil uji scheffe yang dilakukan, yaitu diperoleh nilai Sig. (0,46) lebih besar dari 0,05. Kata Kunci : fonik anali tik, fonik sintetik, kemampuan membaca permulaan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : fonik anali tik, fonik sintetik, kemampuan membaca permulaan
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 May 2021 06:32
Last Modified: 05 May 2021 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70573

Actions (login required)

View Item View Item