Konsep Diri Anak Usia 5 - 6 Tahun Yang Bersekolah Di PAUD Sekitar Lingkungan Berkumpulnya LGBT Di Surabaya

Islamiyah, Roudlotul and Setiawati, Farida Agus (2020) Konsep Diri Anak Usia 5 - 6 Tahun Yang Bersekolah Di PAUD Sekitar Lingkungan Berkumpulnya LGBT Di Surabaya. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
fulltext_roudlotul islamiyah_18717251031.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaran k onsep diri anak usia 5 - 6 tahun yang didasarkan kepada aspek fisik, emosional, serta sosial anak dan pengaruh lingkungan yang dapat mempengaruhi konsep diri anak yang bersekolah di PAUD sekitar lingkungan berkumpulnya LGBT di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif . Subjek penelitian ditentukan dengan teknik p urposive terdiri dari lima anak yang ber usia 5 - 6 t ahun, b ertempat tinggal dan bersekolah di TK terdekat dengan lingkungan atau kawasan berkumpulnya LGBT, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara . Hasil penelitian menunjukkan beberapa hasil penemuan. Konsep diri fisik anak yaitu penilaian atas kesempurnaan fisik, ketampanan/kecantikan, dan keadaan fisik, pemahaman konsep diri fisik anak (anggota tubuhnya dan atribut fisik), serta harapan konsep diri fisik anak (keadaan fisik dan gendernya) yang postif atau baik . Konsep diri emosi anak yaitu anak mampu me nilai atas dirinya sebagai anak dengan berbagai pandangan tentang anak yang baik . Anak menilai dirinya baik karena senang berbagi , suka menolong, jujur, dan tidak suka marah - marah dan berharap bisa selalu j adi anak baik yang suka berbagi, periang , pemaaf, pemberani, lebih sabar (penyabar), rajin tidak mudah menangis , selalu senang, dan pintar dengan baik/positif . Konsep diri sosial anak yaitu anak mampu berhubungan baik dengan saudaranya dengan baik yaitu memahami kondisi saudaranya menilai dirinya disayang oleh kakaknya yang baik (suka berbagi) , serta berharap bisa lebih se ring bermain, mengaji, dan belajar bersama. Hubungan sosial anak dengan tema n sebayanya yang baik dengan memahami konsep bertema, disayang dan menyayangi teman, merasa memiliki teman yang baik, dan berharapan untuk selalu bermain bersama . H ubungan so sial dengan orang lain yang baik yaitu anak berhubungan baik dengan orang yang tidak dikenalnya dan memiliki harapan untuk bisa mengenal orang yang tidak dikenalnya dengan berbincang - bincang. Pengaruh atau peran lingkungan LGBT kepada konsep diri anak yang terkait dengan bahasa dan gaya (terkadang berkata kasar dan mengikuti bahasa t ubuh) waria memberikan pandangan bahwa konsep diri yang dipengaruhi oleh lingkungan LGBT yaitu konsep diri sosial. K onsep diri anak bisa terbentuk dengan positif pada lingkungan sekitar yang tidak mendukung jika orangtua dan guru PAUD memaksimalkan peranny a yaitu memberikan pengetahuan/pemahaman dan penghargaan/pujian. Kata Kunci : konsep diri, anak us ia 5 - 6 tahun, lingkungan LGBT

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : konsep diri, anak us ia 5 - 6 tahun, lingkungan LGBT
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 May 2021 06:09
Last Modified: 05 May 2021 06:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70572

Actions (login required)

View Item View Item