Pengembangan Model Project - Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Financial Literac y Anak Usia 5 - 6 tahun di Yogyakarta

Hapsari, Debby Tri and Suryono, Yoyon (2020) Pengembangan Model Project - Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Financial Literac y Anak Usia 5 - 6 tahun di Yogyakarta. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
fulltext_debby tri hapsari_17717251021.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan buku panduan pengenalan financial literacy untuk menin gkatkan pemahaman anak akan keuangan atau gemar menabung, (2) meng ungkapkan kelayakan buku panduan yang dikembangkan tersebut menurut ahli dan (3) meng ungkapkan efektifitas buku panduan tersebut untuk meningkatkan ketrampilan financial literacy anak. P enel itian ini adalah penelitian dan pengembang an. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu: analyze , design , development , implementation dan evaluation . Subjek yang digunakan untuk uji coba produk pada tahap impl ementasi sebanyak 60 anak dari empat kelas kelompok B (usia 5 - 6 tahun) TK YWKA dan TK Kemala Bayangkar i. Dua kelas untuk kelompok eksperimen dan dua kelas untuk kelompok control. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket, pedoman observasi , dan lembar unjuk kerja. A nalisis data menggu nakan t - test dengan taraf signifikansi 0 , 05. Pengukuran diberikan pada pretest dan posttest pada tahap uji coba produk/implementasi untuk mengetahui kemampuan sebelum dan sesudah penerapan produk. Hasi l penelitian ini adalah buku panduan financial literacy yang memuat materi (1) mengenal mata uang; (2) mewarnai, mengunting , dan menempelkan ; (3) permainan financial literacy . Hasil dari validasi yang dilakukan ahli dan guru menunjukkan bahwa buku yang dik embangkan masuk dalam kategori “baik”. B uku panduan fin ancial literacy yang dikembangkan tersebut efektif dalam meningkatkan ketrampilan financial literacy . Hal ini dapat di lihat dari hasil perhitungan t - test bahwa nilai signifikansi sebesar 0 , 000. Hasil p erhitungan nilai signifikansi yang diperoleh kurang dar i 0 , 05 (<0 , 05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan capaian ketrampilan financial literacy anak pada kelas eksperimen dan kontrol. Kata Kunci: anak usia 5 - 6 tahun , financial literacy , model pembelajaran

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: anak usia 5 - 6 tahun , financial literacy , model pembelajaran
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 May 2021 05:08
Last Modified: 05 May 2021 05:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70571

Actions (login required)

View Item View Item