Pengembangan Model Pembelajaran Sorting Predict- Think Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola Warna dan Bentuk Anak Usia 5-6 Tahun

Ulni, Elvira Khori and Suparno, Suparno (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Sorting Predict- Think Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola Warna dan Bentuk Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
fulltext_elvira khori ulni_17717251030.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perkembangan kemampuan mengenal pola warna dan bentuk pada anak usia 5-6 tahun dan proses pembelajarannya, (2) menghasilkan model pembelajaran mengenal pola warna dan bentuk yang layak untuk anak usia 5-6 tahun, (3) mengungkapkan efektivitas model yang dihasilkan untuk anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menerapkan beberapa langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pelaksanaan penelitian dibagi menjadi tiga langkah utama yatu: (a) pengembangan produk, (b) validasi produk, dan (c) efektivitas. Subjek uji coba lapangan awal terdiri dari dua guru dan 19 anak. Subjek pada uji coba lapangan luas terdiri dari tiga guru dan 49 anak. Uji efektivitas dilakukan pada 103 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket, dengan desain equivalent time series design . Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, angket validasi ahli, angket respon guru, pedoman observasi kemampuan anak. kelayakan model pembelajaran dianalisis dengan mengkonversikan skor kedalam 4 kategori kuantitatif. Keefektivitasan model pembelajaran dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian pengembangan me ngungkapkan bahwa: (1) proses pembelajaran dan perkembangan kemampuan mengenal pola warna dan bentuk pada anak membutuhkan model pembelajaran berupa model pembelajaran sorting predict-think discovery ; (2) model pembelajaran sorting predict-think discovery dinyatakan layak digunakan berdasarkan kriteria kelayakan oleh ahli, guru, dan respon anak dengan kategori berkembang sesuai harapan ; (3) model pembelajaran sorting predict-think discovery dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam mengenal pola warna dan bentuk berdasarkan hasil uji wilcoxon sign rank test . Kata Kunci : model pembelajaran, sorting predict-think discovery ,pola warna dan bentuk

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : model pembelajaran, sorting predict-think discovery ,pola warna dan bentuk
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 May 2021 04:52
Last Modified: 05 May 2021 04:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70570

Actions (login required)

View Item View Item