Efektivitas Penggunaan Metode Percobaan Sederhana Dan Demonstrasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Anak Usia 5 - 6 Tahun

Yahya, Dian Ramadhani and Suyanto, Slamet (2020) Efektivitas Penggunaan Metode Percobaan Sederhana Dan Demonstrasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Anak Usia 5 - 6 Tahun. S2 thesis, Pascarjana.

[img]
Preview
Text
fulltext_dian ramadhani yahya_17717251003.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian Quasi Experiment ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas penerapan metode percobaan sederhana dan demonst rasi terhada p keterampilan sains dasar anak serta mendeskripsikan aspek keterampilan proses sains yang berkembang menggunakan metode percobaan sederhana dan demonstrasi pada anak usia 5 - 6 tahun di PAUD Kecamatan Penajam. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5 - 6 tahun dengan sampel 61 anak. Desain penelitian ini menggunakan Non - ekuivalen Control Group Design dengan kelompok eksperimen dan kontrol, masing - masing menggunakan metode percobaan sederhana dan demonstrasi. Vali dasi instrumen dilakukan dengan teknik expert judgment dan uji empiris dengan menggunakan uji validitas nilai corrected item - total correlation dan uji reabilitas menggunakan nilai guttman split - half coefficien. Teknik analisis data yang digunakan menggunak an uji normalitas dan homogemitas dengan menggunakan uji hipotesis Ancova. Kategori tafsiran efektivitas menggunakan uji N - gain . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan keterampilan proses sains dasar menggunakan metode percobaan sederhana dan demon strasi berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dasar (F=10,232; 0,02<0,05) . Hasil n - gain kelas percobaan sederhana sebesar 76% dan kelas demonstrasi 60% yang menunjukkan bahwa penggunaan metode percobaan seder hana masuk dalam kategori efektif dan penggunaan metode demonstrsi masuk dalam katagori kurang efektif, sehingga dapat disimpulkan penggunaan metode percobaan sederhana lebih efektif daripada penggunaan metode demonstrasi pada keterampilan proses sains dasar anak usia 5 - 6 tahun. A spek keterampilan proses sains dasar yang berkembang sangat baik pada kelas percobaan sederhana adalah melakukan pengukuran sedangkan pada kelas demonstrasi yaitu mengomunikasikan Kata kunci: Metode Percobaan Sederhana, Metode Demonstrasi, dan, Keterampilan Proses sains Dasar anak

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode Percobaan Sederhana, Metode Demonstrasi, dan, Keterampilan Proses sains Dasar anak
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Apr 2021 01:52
Last Modified: 16 Apr 2021 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70457

Actions (login required)

View Item View Item