Pengaruh Permainan Sains terhadap Kemampuan Klasifikasi dan Berbicara pada Anak TK Usia 5 - 6 Tahun

DIANTY, WINDA WAHYU and Suparno, Suparno (2020) Pengaruh Permainan Sains terhadap Kemampuan Klasifikasi dan Berbicara pada Anak TK Usia 5 - 6 Tahun. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
fulltext_winda wahyu dianty_16717251028.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh permainan sains terhadap kemampuan klasifikasi anak TK usia 5 - 6 tahun, dan (2) Pengaruh permainan sains terhadap kemampuan berbicara anak TK usia 5 - 6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, jenis penelitian yaitu eksperimen semu ( quasi eksperimen ), desain rancangan penelitian Pretest - posttest Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 72 anak, terbagi dalam dua kelompok yaitu 36 anak kelompok eksperimen dan 36 anak kelompok kon trol . Teknik pengumpulan data menggunakan test dengan bantuan pedoman wawancara tidak terstruktur baik untuk kemampuan klasifikasi maupun kemampuan berbicara. Analisis data menggunakan analysis covariance (ANCOVA) dengan bantuan program SPSS 16 for windows . Hasil pen elitian menunjukkan bahwa (1) hasil uji Ancova memperoleh nilai sig. 0,000 sehingga terdapat pengaruh dan perbedaan penggunaan permainan sains dan pembelajaran demonstrasi terhadap kemampuan klasifikasi, dan 2) hasil uji Ancova memperoleh nilai sig. 0,000 sehingga terdapat pengaruh dan perbedaan penggunaan permainan sains dan pembelajaran demonstrasi terhadap kemampuan berbicara anak. Kata kunci : permainan sains, kemampuan klasifikasi, kemampuan berbicara .

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : permainan sains, kemampuan klasifikasi, kemampuan berbicara .
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Apr 2021 07:30
Last Modified: 14 Apr 2021 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70439

Actions (login required)

View Item View Item