Pengaruh PPKn, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat terhadap Sikap Nasionalisme Siswa di SMA Se-Provinsi Kalimantan Barat Perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Purnomo, Sapto and Suherman, Wawan S (2021) Pengaruh PPKn, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat terhadap Sikap Nasionalisme Siswa di SMA Se-Provinsi Kalimantan Barat Perbatasan Indonesia dengan Malaysia. S3 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
fulltext_sapto purnomo_16703261022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh PPKn;(2) pengaruh lingkungan keluarga;(3) pengaruh lingkungan masyarakat;dan (4) pengaruh PPKn, lingkungan keluarga,dan lingkungan masyarakat secara bersama-sama terhadap sikap nasionalisme siswa di SMA se-provinsi Kalimantan Barat perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto, dengan PPKn sebagai variabel bebas satu (X1), lingkungan keluarga sebagai variabel bebas dua (X2), lingkungan masyarakat sebagai variabel bebas tiga (X3) dan sikap nasionalisme sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa di 15 SMA di perbatasan Kalimantan Barat dengan Malaysia tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian berjumlah 372 siswa yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Uji validitas angket mengggunakan rumus korelasi product momentdan reliabilitas angket diuji dengan rumus alpha Cronbach. Uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas, linieritas,dan heteroskedastisitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut.(1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan PPKn terhadap sikap nasionalisme, dengan t hitung sebesar 10,465 dan signifikansi sebesar 0,000. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap sikap nasionalisme dengan t hitung sebesar 8,868 dan signifikansi sebesar 0,000. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan masyarakat terhadap sikap nasionalisme dengan t hitung sebesar 10,060 dan signifikansi sebesar 0,000. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan PPKn, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat secara bersama sama terhadap sikap nasionalisme dengan F hitung = 85,043 dan sig = 0,000. Sig < α (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, PPKn, sikap nasionalisme sikap nasionalisme
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Apr 2021 07:32
Last Modified: 28 May 2021 04:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70406

Actions (login required)

View Item View Item