Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Kota Palu.

Nashrullah, Nashrullah and Purwanta, Edi (2021) Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Kota Palu. S3 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
fulltext_nashrullah, s.pd.i., m.pd._14703261022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi(1)mendeskripsikan pemahamanpendidikan multikultural kepala sekolah, guru dan siswa di SDN 6 Palu, SDGamaliel Palu, dan SDIT Al-Fahmi Palu, (2)menganalisiskesadaran nilai dansikap multikultural kepala sekolah, guru dan siswa di SDN 6 Palu, SD GamalielPalu, dan SDIT Al-Fahmi Palu,(3)menemukan polaimplementasi pendidikanmultikulturaldiSDN 6 Palu, SD Gamaliel Palu, dan SDIT Al-Fahmi Palu, dan (4)menghasilkan pola pendidikan multikultural yang sesuai untuk sekolah dasar diPalu.Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif dengan desain studi kasus.Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah dengan karakteristik yang mewakilikeragaman etnis dan agama yaitu SDN 6 Palu, SD Gamaliel Palu, dan SDIT Al-Fahmi Palu. Pemilihanlokasi penelitian menggunakan teknikpurposive. Subjekutama dalampenelitianiniadalahkepala sekolah, guru, dan siswa sekolah dasarKota Palu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahwawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi.Pencarian data diakhirisetelah tidak ada lagi variasi data. Teknik analisis data menggunakan analisismodel interaktif Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajiandata, penarikan kesimpulan dan verifikasi.Hasilpenelitianiniadalah sebagai berikut:(1)pemahamanpendidikanmultikultural kepala sekolah, guru dan siswapada level pemahaman translasi(translation) yaitu memahamikonseppendidikan multikulturaldengan carapengalihan dari bahasa konsep ke dalam bahasa sendiridanbelum mampumengungkapkan makna pendidikan multikultural secara luas.(2)kesadaran wargasekolah tentang nilai dan sikap multikultural bersumber dari nilai-nilai Pancasiladan Agama. Warga sekolah mengkonstruksi kedua sumber nilai multikulturaltersebut tidak dipertentangkan satu sama lain tetapi justru saling melengkapi.Nilai-nilai Pancasila dan Agama telah menjadi pedoman hidup bagi warga sekolahdalam menjalani aktivitas, tugas dan tanggung jawabnya secara sadar.(3)Polaimplementasi pendidikanmultikutural baik di lembaga sekolahNegerimaupunlembaga sekolah berbasisAgama bersifat linierberturut-turutdalampenggaliannilai, sosialisasi dan praksis. Namun demikian juga mengikuti pola implementasisecara terbuka, artinya memberikan otonomi kepada lembaga sekolahmenginterpretasi dan mengembangkan konsep pendidikan multikultural sesuaidengan karakter lembaga sekolah masing-masing.(4) Pola pendidikanmultikultural yang sesuai untuk sekolah dasar di Palu yaitu penguatan pemahamanmultikultural warga sekolah,nilai Pancasila dan Agamaberjalan secara sinergisdalam melandasi aktivitas pendidikan, dan penerapan lima dimensi pendidikanmultikultural secara maksimal dalam proses pendidikan di sekolah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pendidikan multikultural, nilai dan sikap multikultural,polaimplementasipendidikan multikultural
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Apr 2021 05:11
Last Modified: 28 May 2021 04:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70405

Actions (login required)

View Item View Item