Pendidikan Demokrasi dalam Perspektif Sosiokultural dan Implikasinya terhadap Kompetensi Kewarganegaraan di Kabupaten Banyumas

Sadeli, Elly Hasan and Purbani, Widyastuti (2021) Pendidikan Demokrasi dalam Perspektif Sosiokultural dan Implikasinya terhadap Kompetensi Kewarganegaraan di Kabupaten Banyumas. S3 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
fulltext_elly hasan sadeli_15703261047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

P enelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa hal terkait dengan pendidikan demokrasi , antara lain; potret pendidikan demokr asi dalam perspektif sosiokultur al , praktik pendidikan demokrasi pada masyarakat Banyumas dan konstruksi kompe tensi kewarganegaraan dalam mendukung pendidikan demokrasi. dalam perspektif sosiokultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus , lokasi penelitian dilaksanakan di K abupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah dengan inform an masyarakat Banyumas yang diwakili oleh Budayawan Banyumas , Sejarawan Banyumas , Tokoh Politik, Tokoh Agama dan anggota lembaga demokrasi yang dipilih melalui snowball sampling technique . Adapun hasil temuan dalam penelitian ini antara lain: 1) Tradisi masyarakat Banyumas sehari - hari ditunjukkan dalam beberapa bentuk karaktersitik, mulai dari perilaku masyarakat yang khas, toleransi dalam berkeyakinan (religiusitas), kemudian eksistensi budaya yang dibatasi oleh bahasa dengan dialek lokal, serta seni dan hubungan sosial masyarakat. Tradisi tersebut secara tidak langsung telah memberikan kontribusi atas lahirnya benih nilai - nilai demokrasi dalam kerangka kehidupan tradisional. 2) Penguatan pendidikan demokrasi pada masyarakat Banyumas dilaksanakan dalam li ngkungan pendidikan informal, formal dan non formal yang terdiri dari lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, partai politik dan progam dari KPU Daerah Banyumas. 3) K onstruksi pendidikan demokrasi yang dibutuhkan dalam pengembangan kompetensi kewarganega raan dilandasi oleh pengetahuan , kecakapan dan watak masyarakat tentang demokrasi, dukungan melalui kebijakan pemerintah dalam membangun pendidikan formal yang berkola borasi dengan pendidikan nonformal dan informal. Namun , kompetensi kewarganegaraan tentan g demokrasi masih didominasi dalam konteks demokrasi politik secara formalistis yang belum ditunjang dan didukung oleh pengetahuan dan pemahaman yang baik. Hal itu dibuktikan dengan adanya paradoks antara tingkat partisipasi politik yang tinggi di dalam ke gitan pemilihan (demokrasi elektoral), meskipun pengetahuan dan pemahaman serta manifestasi pendidikan demokrasi masih belum optimal . Kata Kunci : Pendidikan Demokrasi dan Kompetensi Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Demokrasi dan Kompetensi Kewarganegaraan
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:53
Last Modified: 28 May 2021 04:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70402

Actions (login required)

View Item View Item