A Contrastive Analysis of Interrogative Sentences in English and Indonesian.

Rahman, Diana S and Tobing, Roswitas Lumban (2020) A Contrastive Analysis of Interrogative Sentences in English and Indonesian. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-diana s. rahman-18706251024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk: (1) menganalisis struktur pembentukan “kalimat tanya ya-tidak” dan “kalimat tanya informatif” dalam bahasa Inggris dan Indonesia, (2) mengungkapkan persamaan dan perbedaan struktur pembentukan kalimat tanya dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dan (3) memprediksi akibat perbedaan antara kalimat tanya dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode simak dan teknik mencatat kalimat-kalimat yang termasuk dalam kalimat tanya bahasa Inggris dan bahasa Indonesia pada lembar data. Instrumen penelitian adalah parameter data yang menentukan kalimat yang mana yang termasuk dalam kalimat tanya seperti yang tertuang dalam lembar data. Data kalimat tanya diambil dari buku-buku tata bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Objek penelitian dalam studi ini adalah “kalimat tanya ya-tidak” and “kalimat tanya informatif” dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pembentukan kalimat tanya bahasa Inggris dan bahasa Indonesia adalah sebagai berikut: (a) kalimat tanya ya-tidak dibentuk melalui pembalikan dan penambahan unsur kalimat; dan (b) kalimat tanya informatif dibentuk menggunakan kata tanya untuk menggantikan unsur kalimat yang ditanyakan. (2) Terdapat tujuh perbedaan pada kalimat tanya bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, yaitu letak kata tanya, penggunaan kata tanya, penanda waktu, penanda jumlah, sistem kata bantu, penggunaan partikel ‘kah’, dan jumlah variasi pembentukkan kalimat tanya informatif; dan terdapat tiga persamaan pada kalimat tanya bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, yaitu pengunaan pembentuk atau kata tanya pada awal kalimat deklaratif, pembalikan bagian kalimat deklaratif, dan kata tanya untuk membentuk kalimat informatif. (3) Terdapat pengaruh perbedaan kalimat tanya terhadap pembelajar yang mungkin mereka hadapi ketika belajar kalimat tanya bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Prediksi kesalahan yang mungkin dihadapi oleh: (a) pelajar Indonesia adalah kesalahan menggunakan kata kerja bantu untuk membentuk kalimat tanya ya-tidak, kesalahan dalam menggunakan kata kerja bantu untuk membentuk kalimat tanya informarif, dan kesalahan menggunakan kata tanya; dan (b) pelajar asing adalah penghilangan partikel –kah, salah susun kata bantu dalam kalimat tanya informatif, dan penghilangan kata sambung ‘yang’ dalam membentuk kalimat tanya informatif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: contrastive, English, Indonesian, interrogative sentence
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Apr 2021 07:34
Last Modified: 07 Apr 2021 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70382

Actions (login required)

View Item View Item