Model Penilaian Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suparman, Suparman and Sudarsono, FX (2019) Model Penilaian Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-suparman-11701261009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan model penilaian kinerja pembelajaran guru pada tingkat pendidikan di Sekolah Menengah Pertama pada aspek kemampuan melaksanakan pembelajaran, memanfaatkan teknologi pembelajaran, melaksanakan pendidikan individu, motivasi mengajar dan menciptakan iklim pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini meliputi lima tahapan yaitu pengembangan awal, rancangan instrumen, pembakuan intrumen, kontruksi model, dan intepretasi hasil. Pengembangan awal meliputi kajian literatur dan identifikasi aspek serta indikator untuk menentukan rancangan instrumen. Hasil rancangan intrumen dilakukan telaah melalui focus group discussion (FGD) untuk memperoleh masukan serta validasi dari expert judgement. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kualitas butir insrumen. Butir yang tidak berkualitas tidak diikutkan pada uji coba 2. Subjek uji coba adalah peserta didik SMP N 1 Sleman, SMP N 3 Sleman, SMP N 1 Mlati, SMP N 1 Tempel, dan SMP N 4 Pakem. Pada uji coba menggunakan peserta didik sebanyak 332 anak, pada tahap implementasi menggunakan peserta didik sebanyak 628 anak. Validitas konstruk dan reliabilitas untuk intrumen model penilaian kinerja pembelajaran guru diperoleh dengan metode analisis faktor konfirmatory jenjang pertama menggunakan software SPSS versi 22. Adapun konstruk validitas untuk model penilaian kinerja pembelajaran guru diperoleh dengan menggunakan analisis faktor konfirmatori jenjang kedua dengan menggunakan AMOS. Karakteristik intrument berupa validits konvergen ditentukan berdasarkan muatan faktor pada AMOS, sedangkan variance extracted, reliabilitas konstruk dan validitas diskriminan ditentukan dengan mengunakan software excel berdasarkan muatan faktor yang terstandar (λ). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh instrumen penilaian kinerja pembelajaran guru dengan menggunakan lima aspek, yaitu (a) aspek pelaksanaan pembelajaran, (b) aspek teknologi pembelajaran, (c) aspek pembelajaran individu, (d) aspek motivasi mengajar dan (e) aspek iklim pembelajaran. Kesesuaian antara indikator dengan semua butir intrumen adalah baik, dengan nilai V Aiken sebesar 0,90 – 0,95 dan validitas konstruk ≥ 0,50. Reliabilitas instrumen penilaian kinerja pembelajaran guru adalah baik sebesar 0,957. Semua aspek pada model penilaian kinerja pembelajaran guru memiliki validitas konvergen yang baik, dengan nilai 0,542- 0,862. Validitas diskriminan pada setiap aspek adalah baik dengan rincian dari aspek a sampai dengan aspek e berturut-turut sebesar 0,730; 0,723; 0,741; 0,679 dan 0,706. Model penilaian kinerja pembelajaran guru dalam pembelajaran memiliki kriteria Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) sebesar 0,063 atau ≤ 0,08; Goodness-of-Fit Index (GFI) sebesar 0,924 atau ≥ 0,90; Tucker- Lewis Index (TLI) sebesar 0,974 ≥ 0,95 dan Comparative Fit Index (CFI) sebesar 0,982 atau ≥ 0,95. Kriteria tersebut maka model penilaian kinerja guru dalam pembelajaran memenuhi ketentuan goodnees of fit test. Berdasarkan penilaian lima Kepala Sekolah, instrumen ini dapat digunakan untuk penilaiak kinerja guru di Sekolah. Hasil kinerja guru disajikan berdasarkan aspek yang digunakan dalam kinerja guru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen, penilaian, kinerja, pembelajaran, SMP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Apr 2021 08:09
Last Modified: 17 Jun 2022 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70351

Actions (login required)

View Item View Item