Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Berbasis Metakognisi untuk Siswa Sekolah Dasar.

Ahdhianto, Erif and Marsigit, Marsigit (2020) Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Berbasis Metakognisi untuk Siswa Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-erif ahdhianto-16703261047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Menghasilkan model pembelajaran matematika kontekstual berbasis metakognisi yang layak digunakan untuk keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi matematis di SD, (2) Menghasilkan model pembelajaran matematika kontekstual berbasis metakognisi yang praktis untuk peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa SD, (3) Menghasilkan model pembelajaran matematika kontekstual berbasis metakognisi yang efektif untuk peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa SD. Penelitian ini merupakan research and development (R & D) yang mengikuti pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD dan Guru SD di Kabupaten Nganjuk yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data analisis kebutuhan yang dikumpulkan berupa pengamatan, tes, dan wawancara; data validitas model pembelajaran dengan skala penilaian; data kepraktisan model pembelajaran dengan lembar observasi dan angket; dan data keefektifan model pembelajaran dengan soal tes keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Temuan penelitian adalah (1) Model pembelajaran matematika kontekstual berbasis metakognisi layak berdasarkan penilaian ahli/praktisi. Kualitas validitas model pembelajaran dari aspek isi/materi, desain berkategori layak menurut ahli/praktisi. (2) Model pembelajaran matematika kontesktual berbasis metakognisi praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa berdasarkan hasil penilaian observasi keterlaksaaan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran, aktivitas guru dan siswa, dan respon guru dan siswa. (3) Model pembelajaran matematika kontesktual berbasis metakognisi efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan model pembelajaran matematika kontekstual berbasis metakognisi dan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran matematika kontekstual berbasis metakognisi lebih baik dibandingkan dengan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, pembelajaran kontekstual, metakognisi, keterampilan pemecahan masalah, komunikasi matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Mar 2021 03:14
Last Modified: 28 May 2021 04:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70332

Actions (login required)

View Item View Item