Model Keterlibatan Orang Tua untuk Meningkatkan Kemampuan Akademik dan Kecakapan Sosio-Personal Siswa di Sekolah Dasar.

Wiarsih, Nur and Wahab, Rochmat (2020) Model Keterlibatan Orang Tua untuk Meningkatkan Kemampuan Akademik dan Kecakapan Sosio-Personal Siswa di Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-nur wiarsih-5703261036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model keterlibatan orang tua yang efektif untuk meningkatkan kemampuan akademik dan kecakapan sosio- personal siswa SD/MI. Model keterlibatan orang tua yang dikembangkan berbasis pada penguatan hubungan orang tua-guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development). Penelitian ini berorientasi pada pengembangan model keterlibatan orang tua berbasis penguatan hubungan orang tua-guru untuk meningkatkan kemampuan akademik dan kecakapan sosio-personal siswa di SD/MI. Prosedur pengembangan terdiri atas 10 tahapan yaitu: (1) Penelitian Awal dan Pengumpulan Informasi; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan Produk Awal; (4) Uji Coba Terbatas; (5) Revisi Produk Awal; (6) Uji Coba Skala Luas; (7) Revisi Produk Operasional: (8) Uji Coba Produk Operasional; (9) Revisi Produk Final; (10) Diseminasi dan Implementasi. Penilitian dilaksanakan ditujuh (7) sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Banyuwangi. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data kuantitatif dianalisis menggunakan n gain ternormalisasi untuk mengetahui peningkatan rerata kemampuan akademik dan kecakapan sosio-personal siswa. Selanjutnya rerata n gain diuji dengan one sample t test untuk mengetahui signifikansi peningkatan yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model keterlibatan orang tua dan komponen pendukung model yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan. Hasil uji validasi terhadap model yang dikembangkan terkatagori baik sekali (93,06). Peningkatan n gain kemampuan akademik siswa pada uji operasional adalah 28% dengan katagori rendah dan 72% dengan katagori tinggi. Signifikansi peningkatan kemampuan akademik pada uji operasional lebih dari 0,3 dengan katagori sedang. Nilai t hitung > t tabel (5,408 >1,671) dengan singnifikansi 0,000 < 0,05. Peningkatan n gain kecakapan sosio-personal siswa pada uji operasional terkatagori 65% sedang dan 35% tinggi. Diketahui nilai t hitung > t tabel (17,76 > 1,671) dengan singnifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa model keterlibatan orang tua berbasis penguatan hubungan orang tua-guru praktis dan efektif untuk untuk meningkatkan kemampun akademik dan kecakapan sosio- personal siswa di 7 (tujuh) SD/MI yang ada di Banyuwangi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model Keterlibatan Orang tua, Kemampuan Akademik, Kecakapan Sosio-Personal, Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:44
Last Modified: 28 May 2021 05:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70303

Actions (login required)

View Item View Item