Aulia, Firda Assyifa (2018) PEMBELAJARAN PRA MEMBACA BRAILLE PADA SISWA TUNANETRA KELAS I SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Aulia Firda Assyifa_14103241015.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pra membaca Braille pada siswa tunanetra kelas I di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian difokuskan pada: 1) persiapan pembelajaran 2) pelaksanaan pembelajaran, dan 3) penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru kelas I dan siswa kelas I. Guru kelas I selaku pemberi materi pembelajaran membaca huruf Braille, dan siswa kelas I selaku penerima materi pra membaca Braille Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pra membaca Braille terdiri dari: 1) persiapan pembelajaran meliputi guru menentukan tujuan berpedoman hasil asesmen kemampuan awal siswa, menentukan materi dengan acuan Buku Menulis-Membaca Braille, dan mempersiapkan perlengkapan berupa ruangan, media brailtex, balok Braille, buku konsep, papan geometri, dakon, reken plank dan manik-manik; 2) pelaksanaan pembelajaran: a) kegiatan pendahulan meliputi guru memberikan apersepsi dengan bertanya pengalaman siswa tunanetra terkait benda-benda di lingkungan sekitar dan guru menyampaikan tujuan dengan menyebutkan kegiatan pada pertemuan tersebut, b) kegiatan inti berisi penyampaian materi disertai pemberian contoh teknik dengan cara guru mengajarkan keterampilan taktil dan pembelajaran awal huruf Braille. Guru melatih kelenturan atau fleksibilitas pergelangan tangan pada siswa kelas I yang meliputi: menggerakkan telapak tangan ke kanan dan ke kiri, menggerakkan telapak tangan ke atas dan ke bawah, keterampilan memegang benda dan keterampilan menjumput benda. Kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk melatih kepekaan jari pada siswa tunanetra kelas I yaitu meraba benda dengan tekstur kasar dan halus, dan meraba benda dengan bentuk persegi, lingkaran dan segitiga. Untuk melatih koordinasi kedua tangan, guru mengenalkan macam-macam garis pada siswa kelas I dan meminta siswa meraba dengan menggunakan dua tangannya. Kegiatan yang dilakukan guru untuk melatih pembelajaran awal huruf Braille. Selain itu anak juga dikenalkan dengan media papan tulis Braille (Pantule) atau biasa disebut reken plank. c) kegiatan penutup berisi review materi oleh guru dengan menjelaskan poin-poin materi dan tanya jawab; 3) penilaian pembelajaran dilaukan oleh guru melalui observasi pembelajaran pra membaca Braille siswa saat melakukan praktik dan tes lisan pada akhir pembelajaran. Kata kunci: pembelajaran pra membaca Braille, siswa tunanetra kelas I.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Biasa FIP |
Date Deposited: | 21 Dec 2020 04:47 |
Last Modified: | 21 Dec 2020 04:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69758 |
Actions (login required)
View Item |