MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMP NEGERI 2 WANADADI

Abdulloh, Eron Khotim (2020) MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMP NEGERI 2 WANADADI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_eron khotim abdulloh_12601244115.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya siswa seusia Sekolah Menengah Pertama mengikuti suatu kegiatan didasari oleh ketertarikan terhadap ajakan teman untuk mengikuti kegiatan tanpa tahu tujuannya. Dalam kenyataannya seseorang melakukan sesuatu aktivitas atau kegiatan biasanya didasari oleh minat dalam dirinya. Dalam hal ini minat menjadi sebuah unsur kepribadian yang dapat memberi peranan dalam menentukan pilihan siswa tersebut. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 2 Wanadadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 2 Wanadadi sebanyak 140 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket, dengan koefisien realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar 0,880 dan untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan tabel. Hasil penelitian menunjukan minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 2 Wanadadi cenderung masuk dalam kategori rendah. Hasil tersebut ditunjukan dengan perincian sebagai berikut. Kategori sangat tinggi sebesar 8,6 %, diikuti pada kategori tinggi sebesar 42,8 %, kemudian kategori rendah sebesar 44,3 %, dan kategori sangat rendah 4,3 %.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Komarudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler, olahraga
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Nov 2020 01:56
Last Modified: 20 Nov 2020 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69586

Actions (login required)

View Item View Item