Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala TK dalam Mengimplementasikan Kebijakan Sekolah Ramah Anak (Studi Kasus di TK Aisyiyah Besuki Kabupaten Situbondo).

Umami, Yuniarta Syarifatul and Suryono, Yoyon (2020) Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala TK dalam Mengimplementasikan Kebijakan Sekolah Ramah Anak (Studi Kasus di TK Aisyiyah Besuki Kabupaten Situbondo). S2 thesis, Pascasarjana UNY.

[img]
Preview
Text
1. NASKAH TESIS (YUNIARTA SYARIFATUL UMAMI) + LEMBAR PENGESAHAN - Yuniarta Syarifatul Umami yuniartasyarifatul.2018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

(Penelitian ini memiliki beberapa”tujuan, yaitu untuk: 1) mengetahui model program sekolah ramah anak (SRA) di TK Aisyiyah Besuki Situbondo; 2) mengetahui bentuk kontribusi kemampuan manajerial Kepala TK dalam mengimplementasikan program SRA, dan 3) mengetahui dampak keterlibatan kemampuan manajerial kepala TK dalam penerapan program SRA di TK Aisyiyah Besuki Situbondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini berjumlah 15 orang yang berasal dari kepala TK, guru, beserta wali peserta didik di TK Aisyiyah Besuki. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan,pwawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisispdata studi kasus Robert K. Yin dengan tiga strategi analisis, yaitu penjodohan pola, pembuatan eksplanasi, dan analisis deret waktu. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program SRA di TK Aisyiyah Besuki diimplementasikan dengan pengoptimalan enam konsep program SRA yang meliputi (Kebijakan SRA; pelaksanaan pembelajaran ramah anak; sarana dan prasarana ramah anak; pendidik dan tenaga kependidikan memiliki pemahaman ramah anak; pelibatan partisipasi anak; pelibatan orang tua, komunitas, dan sektor usaha); (2) Bentuk peran manajerial kepala TK dalam implementasi program SRA diwujudkan dengan: pertama melakukan perencanaan dengan analisis kebutuhan komponen dan perumusan program SRA. Kedua, pengorganisasianpprogram dilakukan dengan pembentukan tim pelaksana SRA. Susunan Tim pelaksana SRA terdiri dari: pembina; penanggung jawab; bidang pengawasan pelaksana kurikulum yang ramah anak; bidang pengawasan kesehatan dan lingkungan; bidang koordinasi dan sosialisasi; serta tim monitoring dan evaluasi. Ketiga, tahap pelaksanaan program, kepala TK berperan sebagai role model yang memberikan contoh terkait sikap ramah anak, melakukan pembimbingan, pembiasaan, dan memastikan optimalisasi program SRA. Keempat, proses pengendalian program dilakukan secara spontan (langsung), dan secara terprogram (rutin) yang dilakukan selama 1 bulan sekali. (3) Adapun kontribusi peran manajerial kepala TK dalam mengimplementasikan program SRA memberikan dampak positif dengan keberhasilannya menjadikan lingkungan TK yang BARIISAN (bersih, aman, ramah, indah, inklusif,sehat, asri, dan nyaman). Dampak positif tersebut dirasakan bagi anak (peserta didik), orang tua, guru, tenaga kependidikan, juga masyarakat sekitar. Kata Kunci : Kemampuan Manajerial, Kepala TK, Implementasi kebijakan, Sekolah Ramah Anak

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Manajerial, Kepala TK, Implementasi kebijakan, Sekolah Ramah Anak
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Nov 2020 06:20
Last Modified: 05 Nov 2020 06:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69526

Actions (login required)

View Item View Item