Azizah, Zuliva Dwi and Retnowati, Trie Hartiti (2019) Pengembangan Media Buku Ilustrasi Pop-Up Legenda Reog Ponorogo Berbasis Budaya Lokal Sebagai Penanaman Karakter Anak Sekolah Dasar. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (745kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk :1) Bagaimana mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai karakter dari cerita budaya lokal legenda Reog Ponorogo terhadap anak sekolah dasar kelas IV. 2) Bagaimana pengembangan buku ilustrasi pop-up berbasis budaya lokal legenda Reog Ponorogo sebagai pembentukan karakter untuk anak sekolah dasar kelas IV. 3) Bagaimana kelayakan buku ilustrasi pop-up berbasis budaya lokal legenda Reog Ponorogo sebagai penanaman karakter untuk anak sekolah dasar layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik di SD Negeri 2 Pantalan. Penelitian ini merupakan penelitian model penelitian dan pengembangan yang disebut Research and Development (R&D) dengan metode pendekatan etnografi. Penelitian ini melibatkan 27 siswa kelas IV SDN 2 Pantalan untuk melakukan uji coba media. Media buku ilustrasi pop-up legenda Reog Ponorogo berbasis budaya lokal dikembangkan berdasarkan respon subjek uji coba. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan angket. Analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif, kuantitatif deskriptif. Hasil Pengembangan buku ilustrasi pop-up berbasis budaya lokal yang mengangkat legenda Reog Ponorogo dihasilkan mudah dipahami, peserta didik dapat memahami nilai-nilai karakter mandiri, jujur, adil, kerja keras dan bertanggung jawab setelah membaca cerita terebut. Menurut ahli media, ahli materi, guru kelas, media telah memenuhi kriteria kebaikan untuk proses pembelajaran sesuai dengan hasil dari validasi ahli media, ahli materi, dan guru kelas dengan 2 kali tahap uji lapangan. Hasil penilaian media berdasarkan prosedur pengembangan media: uji validasi ahli materi sebesar 93.18%, ahli media sebesar 96,87%, sedangkan dari praktisi guru kelas mendapat nilai 98,21%, sehingga termasuk kategori “sangat layak”. Pada uji coba lapangan tahap awal dengan rerata 80% uji coba lapangan utama dengan rerata 85%, Respon siswa terhadap media pembelajaran ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan respon “Sangat Positif” dengan mendapatkan persentase ≥85% setiap indikatornya dan untuk uji coba lapangan operasional sebesar 85% termasuk dalam kriteria Sangat Layak. Secara keseluruhan maka media ilustrasi pop-up berbasis budaya lokal ini termasuk dalam kriteria Sangat Layak dan Efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan penanaman karakter di Sekolah Dasar kelas IV.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pop-up, Budaya Lokal, Karakter |
Subjects: | Seni dan Budaya > Arts in general |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 04:07 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 04:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69383 |
Actions (login required)
View Item |