Pengaruh Multimedia Pembelajaran Musik terhadap Kemampuan Bernyanyi dan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar.

Dwiyantoro, Ginanjar and Machfauzia, Ayu Niza (2019) Pengaruh Multimedia Pembelajaran Musik terhadap Kemampuan Bernyanyi dan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kemampuan bernyanyi dan minat belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran musik, kemampuan bernyanyi dan minat belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan media musik instrumental. Penelitian ini merupakan quasi experimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Cieurih. Sampel penelitian yaitu 63 peserta didik yang terdiri dari 32 peserta pada kelompok eksperimen dan 31 peserta didik pada kelompok kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik a simple random sampling, sedangkan penentuan ukuran sampel menggunakan teknik Slovin. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan bernyanyi dan minat belajar. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi menggunakan indeks validitas Aiken V, sedangkan validitas konstruk menggunakan analisis faktor. Reliabilitas instrumen pada penelitian menggunakan teknik Alpha Cronbach dan inter-rater reliabilly dengan teknik Cohen’s Kappa. Data penelitian dianalisis secara multivariat menggunakan uji Manova. Adapun uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas menggunakan uji Box’s M. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan bernyanyi antara peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran musik dan peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan media musik instrumental. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji beda multivariat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada saat posttest yaitu diperoleh nilai signifikasi pada kolom Hotteling’s Trace sebesar 0.000. Nilai signifikasi tersebut menunjukan < 0.05. Hal lain juga dibuktikan dari skor rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol pada saat posttest. Dengan demikian, terdapat pengaruh multimedia pembelajaran musik terhadap kemampuan bernyanyi dan minat belajar peserta didik sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, kemampuan bernyanyi, minat belajar.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2020 02:37
Last Modified: 19 Oct 2020 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69331

Actions (login required)

View Item View Item