Makna Lirik Lagu Dolalak dan Nilai-nilai Edukatif pada Kesenian Dolalak Budi Santoso di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Korantalaga, Bayu Pratama and Pradoko, A.M. Susilo (2019) Makna Lirik Lagu Dolalak dan Nilai-nilai Edukatif pada Kesenian Dolalak Budi Santoso di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Nyanyian yang berasal dari kesenian tradisional berhubungan dengan budaya dan sejarah setempat. Melalui makna lirik lagu Dolalak Budi Santoso dan nilai-nilai edukatif, dapat digunakan sebagai pembelajaran yang sesuai dengan budaya dan tradisi masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna lirik lagu Dolalak dan nilai-nilai edukatif pada kesenian Dolalak Budi Santoso di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode hermeneutika yang mengambil polisemi dari Paul Recoeur untuk mengungkap makna nyanyian. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang dipilih pada penelitian ini, dan data diambil dari buku, jurnal, video pertunjukan, dan wawancara. Keabsahan data penelitian diuji dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah alur penelitian jenis sirkuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna lirik diuraikan menjadi makna denotatif, konotatif dan diambil nilai edukatif. Terdapat makna denotatif yaitu kata Bismilah sebagai petunjuk santri kecil, persiapan seperti berbicara layaknya bunga melati, sholat, dan mencari hal berguna untuk pribadi, ikan cucut yang berenang dengan menggerakan ekor, wanita yang manis jangan dipandang, buah manggis hitam rasanya manis, orang yang duduk di depan lentera dan bermain-main, seorang yang berjalan-jalan di Simpang Lima. Selain makna denotatif juga terdapat makna konotatif, yaitu membiasakan diri menyebut Bismilah mengajarkan santri menjadi baik, persiapan yang bersifat duniawi maupun akhirati, sindiran bagi kaum laki-laki agar menjadi lebih baik, silaturahmi pada malam hari, serta perjuangan sekumpulan orang. Disamping makna denotatif dan konotatif, terdapat nilai edukatif, yaitu nilai kemandirian yang ditanamkan pada santri kecil, nilai religius yang mengajarkan untuk sholat, jujur, disiplin, dan sabar, tetap fokus walau banyak godaan, merencanakan secara matang, dan menyelesaikan masalah dengan bijak. pentingnya silaturahmi dan menjaga tradisi, berpetualanglah untuk mencari ilmu. Lagu Bangilun, Ya Nabe Sholu dan Marhaban memiliki tema yang sama yaitu menanamkan nilai-nilai religius dan mengajarkan untuk memanjatkan sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: makna lirik lagu, nilai edukatif, Dolalak.
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:28
Last Modified: 13 Oct 2020 02:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69300

Actions (login required)

View Item View Item