Pengaruh Pemanfaatan Media Film ‘Sapu Tangan Fang Yin’ pada Pembelajaran PPKn terhadap Pemahaman dan Sikap Toleransi Siswa.

Sari, Elia Nurindah and Samsuri, Samsuri (2019) Pengaruh Pemanfaatan Media Film ‘Sapu Tangan Fang Yin’ pada Pembelajaran PPKn terhadap Pemahaman dan Sikap Toleransi Siswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media film ‘Sapu Tangan Fang Yin’ pada pembelajaran PPKn terhadap: (1) pemahaman toleransi siswa, dan (2) sikap toleransi siswa. Desain dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Tempat penelitian ini SMA N 1 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah dua kelas dari kelas XI, yakni antara lain, 29 siswa kelas XI IPA 2 (Kelas Eksperimen) dan 31 siswa kelas XI IPA 3 (Kelas Kontrol). Keseluruhan subjek penelitian adalah 60 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk meneliti pengaruh pemanfaatan media film terhadap sikap toleransi siswa. Angket yang digunakan adalah jenis angket tertutup menggunakan Skala Likert. Adapun instrumen tes digunakan untuk meneliti pengaruh pemanfaatan media film terhadap pemahaman toleransi siswa. Jenis tes yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda. Uji validitas dilakukan dengan expert judgement dan bantuan Program SPSS Alpha Cronbach’s. Hasil uji validitas menunjukkan masing-masing untuk instrumen angket terdapat 20 item pernyataan yang valid dari 25 pernyataan. Hasil uji validitas instrumen soal menunjukkan 18 dari 20 soal pilihan ganda valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa kedua instrumen tersebut reliabel, dengan masing- masing nilai yaitu 0,75>0,60 untuk instrumen angket dan 0,94>0,60 untuk instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengaruh media film pada pembelajaran PPKn terhadap pemahaman toleransi siswa pada kelas eksperimen terdapat nilai t -5,135 sig. 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh media film pada pembelajaran PPKn terhadap pemahaman toleransi siswa; (2) pengaruh media film pada pembelajaran PPKn terhadap sikap toleransi siswa pada kelas eksperimen terdapat nilai t -1,743 sig. 0,092 > 0,05, yang berarti tidak ada pengaruh media film pada pembelajaran PPKn terhadap sikap toleransi siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media film, pemahaman toleransi, PPKn, sikap toleransi.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Sep 2020 07:10
Last Modified: 23 Sep 2020 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69022

Actions (login required)

View Item View Item