Upaya SMAN 7 Malang dalam Pembentukan Siswa Sadar Lingkungan melalui Program Adiwiyata.

Nurrofika, Nurrofika and Murdiono, Mukhamad (2019) Upaya SMAN 7 Malang dalam Pembentukan Siswa Sadar Lingkungan melalui Program Adiwiyata. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) upaya SMAN 7 Malang, (2) faktor penghambat, dan (3) upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang terjadi dalam pembentukan siswa sadar lingkungan melalui program adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Subjek dalam penelitian adalah (1) wakil kepala sekolah bidang kurikulum, (2) penanggung jawab program adiwiyata, (3) koordinator program adiwiyata, (4) guru PPKn, dan (5) siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik tringulasi. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif model interaktif. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut. (1) Upaya SMAN 7 Malang dalam pembentukan siswa sadar lingkungan melalui program adiwiyata adalah: a) menyediakan sarana dan prasarana dan memanfaatkan keadaan lingkungan yang strategis; b) melakukan kegiatan sadar lingkungan yang rutin, dalam bentuk kegiatan setiap hari Jumat pagi, program Bank Sampah, program Zero Sampah Plastik, program Sapa Alam, dan kampanye dan peringatan hari- hari lingkungan hidup; c) membentuk kelompok kerja sebagai strategi dan bentuk nyata tindakan siswa. (2) Faktor penghambat pembentukan siswa sadar lingkungan melalui program adiwiyata adalah: a) keadaan siswa yang belum bisa berkomitmen penuh terhadap pelestarian, pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup; b) kurangnya pengaturan dan kedisiplinan dalam penggunaan waktu warga sekolah; c) adanya kegiatan pembelajaran sampai sore sehingga susah mengatur waktu siswa dalam pelaksanaan kegiatan sadar lingkungan. (3) upaya yang diambil dalam mengatasi hambatan yang terjadi dalam pembentukan siswa sadar lingkungan melalui program adiwiyata adalah: a) terus memberikan pembinaan dan pembiasaan melalui tugas dan proyek; b) memberikan penghargaan dan hukuman pada siswa. (c) Memanfaatkan bakat dan minat warga sekolah sehingga dalam pelaksanaan kegiatan menimbulkan motivasi dan semangat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Adiwiyata, peduli lingkungan, warga negara muda.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Sep 2020 06:48
Last Modified: 25 Sep 2020 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69021

Actions (login required)

View Item View Item