Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Kegiatan Ekstrakuikuler sebagai Penguatan Karakter Kewargaan Siswa SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul.

Puryanti, Yeni Agus Tri and Marzuki, Marzuki (2019) Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Kegiatan Ekstrakuikuler sebagai Penguatan Karakter Kewargaan Siswa SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (953kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan strategi internalisasi nilai-nilai kearifan lokal yang diterapkan di SMP Negeri 3 Bangutapan Bantul dalam kegiatan ekstrakurikuler sebagai penguatan karakter kewargaan siswa. (2) Menemukan hambatan-hambatan yang ada dalam penerapan strategi internalisasi nilai-nilai kearifan lokal dalam kegiatan ekstrakurikuler sebagai penguatan karakter kewargaan siswa. (3) Menganalisis upaya untuk mengatasi hambatan dalam penerapan strategi internalisasi nilai-nilai kearifan lokal dalam kegiatan ekstrakurikuler sebagai penguatan karakter kewargaan siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul. Penentuan subjek penelitan dilakukan dengan cara purposive yang terdiri atas waka kurikulum, guru ekstrakurikuler, guru mata pelajaran seni budaya, guru mata pelajaran PAI, guru mata pelajaran PPKn dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berbasis budaya di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul yang memiliki peran besar dalam strategi internalisasi nilai- nilai kearifan lokal dalam kegiatan ekstrakurikuler sebagai penguatan karakter kewargaan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, kemudian analisis data menggunakan model analisis data interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan (1) Internalisasi nilai-nilai kearifan lokal menggunakan strategi “PETRUK” (a) huruf P artinya pemodelan, (b) huruf E artinya empowering, (c) huruf T artinya teaching, (d) huruf R artinya reinforcing, (e) huruf U artinya unik, (f) huruf K artinya komprehensif. Nilai-nilai kearifan lokal yang diinternalisasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler karawitan ada 15 nilai, batik 10 nilai, tari 12 nilai yang berpedoman pada Pergub DIY No. 68 Tahun 2012 tentang Penerapan Nilai-Nilai Luhur Budaya dalam Pengelolahan dan Penyelenggaraan Pendidikan; (2) Hambatan yang dialami ada hambatan internal yaitu sarana dan prasarana kurang memadai, kesadaran siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan orang tua tidak mendukung kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan hambatan eksternal yaitu, siswa terbiasa dengan budaya modern dan perbedaan kultur di rumah dan di sekolah; dan (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dengan cara menfasilitasi sarana dan prasaran yang memadai, mensosialisaikan program sekolah berbasis budaya kepada orang tua siswa agar orang tua siswa dapat mengerti dan mendukung terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler, dan membangun kerjasama dengan pemerintah dalam pelestarian kearifan lokal sebagai penguatan karakter kewargaan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Strategi Internalisasi, Nilai-nilai Kearifan Lokal, Kegiatan Ekstrakurikuler, Karakter Kewargaan.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Sep 2020 06:37
Last Modified: 25 Sep 2020 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69020

Actions (login required)

View Item View Item