Pengaruh Pemahaman Materi Demokrasi dan Lingkungan Keluarga Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Siswa di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul.

Syafrita, Irmalini and Murdiono, Mukhamad (2019) Pengaruh Pemahaman Materi Demokrasi dan Lingkungan Keluarga Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Siswa di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh pemahaman materi demokrasi terhadap partisipasi politik siswa di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul; 2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap partisipasi politik siswa di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul; dan 3) Pengaruh pemahaman materi demokrasi dan lingkungan keluarga terhadap partisipasi politik siswa di SMA Negeri Se- Kabupaten Bantul;. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kabupaten Bantul yaitu sebanyak 16 sekolah dan dilakukan pada bulan Mei 2019 – Juli 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupeten Bantul dengan jumlah populasi sebayak 3.861 siswa. Sampel dari penelitian ini diambil dengan teknik proportional purposive sampling sebanyak 317 siswa dengan merujuk tabel Krejcie dan Morgan dengan taraf signifikansi 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan tertutup. Uji validitas dan realibilitas dilakukan sebelum pengambilan data terhadap 30 responden dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh bersama variabel bebas terhadap varibel terikat, dan di lakukan Uji T untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) pemahaman materi demokrasi memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap pembentukan partisipasi politik siswa di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul. Hal ini di tunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000<taraf signifikansi 0,05, 2) lingkungan sekolah memiliki pengaruh terhadap partisipasi politik siswa sebagai pemilih pemula di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul. Hal ini di tunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000<taraf signifikansi 0,05, 3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari pemahaman materi demokrasi dan lingkungan keluarga terhadap partisipasi politik siswa sebagai pemilih pemula di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul. Hal ini di tunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000<taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman materi demokrasi dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap partisipasi pilitik siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Materi Demokrasi, Lingkungan Keluarga, Partisipasi Politik
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Sep 2020 07:37
Last Modified: 23 Sep 2020 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69014

Actions (login required)

View Item View Item