Syafrita, Irmalini and Murdiono, Mukhamad (2019) Pengaruh Pemahaman Materi Demokrasi dan Lingkungan Keluarga Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Siswa di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh pemahaman materi demokrasi terhadap partisipasi politik siswa di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul; 2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap partisipasi politik siswa di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul; dan 3) Pengaruh pemahaman materi demokrasi dan lingkungan keluarga terhadap partisipasi politik siswa di SMA Negeri Se- Kabupaten Bantul;. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kabupaten Bantul yaitu sebanyak 16 sekolah dan dilakukan pada bulan Mei 2019 – Juli 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupeten Bantul dengan jumlah populasi sebayak 3.861 siswa. Sampel dari penelitian ini diambil dengan teknik proportional purposive sampling sebanyak 317 siswa dengan merujuk tabel Krejcie dan Morgan dengan taraf signifikansi 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan tertutup. Uji validitas dan realibilitas dilakukan sebelum pengambilan data terhadap 30 responden dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh bersama variabel bebas terhadap varibel terikat, dan di lakukan Uji T untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) pemahaman materi demokrasi memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap pembentukan partisipasi politik siswa di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul. Hal ini di tunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000<taraf signifikansi 0,05, 2) lingkungan sekolah memiliki pengaruh terhadap partisipasi politik siswa sebagai pemilih pemula di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul. Hal ini di tunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000<taraf signifikansi 0,05, 3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari pemahaman materi demokrasi dan lingkungan keluarga terhadap partisipasi politik siswa sebagai pemilih pemula di SMA Negeri Se-Kabupaten Bantul. Hal ini di tunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000<taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman materi demokrasi dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap partisipasi pilitik siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Materi Demokrasi, Lingkungan Keluarga, Partisipasi Politik |
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 07:37 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 07:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69014 |
Actions (login required)
View Item |