Khiyarunnisa, Asma and Retnawati, Heri (2019) Konstruksi Tes Diagnostik untuk Mengungkap Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tingkat SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
BAB I.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (746kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (125kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) validitas instrumen tes diagnostik two-tier multiple choice berdasarkan validitas isi dan konstruk; (2) reliabilitas instrumen tes diagnostik two-tier multiple choice berdasarkan nilai reliabilitas; (3) karakteristik butir soal tes diagnostik two-tier multiple choice berdasarkan parameter butir; (4) kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika materi kalkulus; (5) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika materi kalkulus; (6) solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika pada materi kalkulus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen. Sampel penelitian ditentukan menggunakan stratified random sampling dan jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin dan diperoleh 551 siswa untuk sampel penelitian dari 5 sekolah. Teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan validitas isi menggunakan formula Aiken sedangkan untuk validitas konstruk menggunakan exploratory factor analysis (EFA), untuk nilai reliabilitas dihitung menggunakan formula Cronbach’s Alpha, untuk indeks kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh dianalisis menggunakan aplikasi AnBuso 8.0. Kesalahan yang dianalisis pada penelitian ini diadaptasi dari klasifikasi kesalahan menurut Newman yaitu comprehension error, transformation error, process skill error, dan encoding error. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) intrumen tes diagnostik two-tier multiple choice memiliki indeks validitas sebesar 0,93; (2) instrumen tes diagnostik two-tier multiple choice memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,78; (3) karakteristik butir soal tes diagnostik two-tier multiple choice berdasarkan parameter butir diperoleh bahwa tingkat kesulitan butir ditemukan 4 butir soal mudah, 8 butir soal sedang, dan 3 soal sulit. Semua butir soal memiliki daya pembeda dan pengecoh yang baik; (4) kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika pada materi kalkulus yaitu comprehension error sebanyak 18,03%; transformation error sebanyak 25,41%; process skill error sebanyak 27,85%; dan encoding error sebanyak 6,38%;
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diagnostik, Two-tier, Teori kesalahan Newman |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 04:18 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 04:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |