Konstruksi Tes Diagnostik untuk Mengungkap Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tingkat SMA.

Khiyarunnisa, Asma and Retnawati, Heri (2019) Konstruksi Tes Diagnostik untuk Mengungkap Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tingkat SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) validitas instrumen tes diagnostik two-tier multiple choice berdasarkan validitas isi dan konstruk; (2) reliabilitas instrumen tes diagnostik two-tier multiple choice berdasarkan nilai reliabilitas; (3) karakteristik butir soal tes diagnostik two-tier multiple choice berdasarkan parameter butir; (4) kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika materi kalkulus; (5) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika materi kalkulus; (6) solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika pada materi kalkulus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen. Sampel penelitian ditentukan menggunakan stratified random sampling dan jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin dan diperoleh 551 siswa untuk sampel penelitian dari 5 sekolah. Teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan validitas isi menggunakan formula Aiken sedangkan untuk validitas konstruk menggunakan exploratory factor analysis (EFA), untuk nilai reliabilitas dihitung menggunakan formula Cronbach’s Alpha, untuk indeks kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh dianalisis menggunakan aplikasi AnBuso 8.0. Kesalahan yang dianalisis pada penelitian ini diadaptasi dari klasifikasi kesalahan menurut Newman yaitu comprehension error, transformation error, process skill error, dan encoding error. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) intrumen tes diagnostik two-tier multiple choice memiliki indeks validitas sebesar 0,93; (2) instrumen tes diagnostik two-tier multiple choice memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,78; (3) karakteristik butir soal tes diagnostik two-tier multiple choice berdasarkan parameter butir diperoleh bahwa tingkat kesulitan butir ditemukan 4 butir soal mudah, 8 butir soal sedang, dan 3 soal sulit. Semua butir soal memiliki daya pembeda dan pengecoh yang baik; (4) kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika pada materi kalkulus yaitu comprehension error sebanyak 18,03%; transformation error sebanyak 25,41%; process skill error sebanyak 27,85%; dan encoding error sebanyak 6,38%;

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Diagnostik, Two-tier, Teori kesalahan Newman
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Sep 2020 04:18
Last Modified: 23 Sep 2020 04:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69010

Actions (login required)

View Item View Item