Pengaturan Diri dan HasilBelajar Kognitif Siswa SMA pada Materi Redoks TermediasiLaboratorium Kimia Realitas Virtual dalam Pembelajaran Hibrid.

Wijayanti, Julia Dian and Ikhsan, Jaslin (2019) Pengaturan Diri dan HasilBelajar Kognitif Siswa SMA pada Materi Redoks TermediasiLaboratorium Kimia Realitas Virtual dalam Pembelajaran Hibrid. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) karakteristik produk Laboratorium Kimia Realitas Virtual (LKRV) pada materi Redoks yang dikembangkan untuk peserta didik di SMA, (2) kualitasproduk LKRVpada materi Redoks yang dikembangkan untuk peserta didik SMA, (3) perbedaan hasil belajar kognitif dan pengaturan diri peserta didik yang belajar denganLKRVterintegrasi pembelajaran hibriddibandingkan peserta didik yang belajar tanpa LKRVterintegrasi pembelajaran hibrid pada materi Redoks, dan (4) sumbangan efektif yang diberikan oleh produk LKRV terhadap hasil belajar kognitif dan pengaturan diri peserta didik kelas X SMA.Penelitian ini adalah penelitian research and developmentmenggunakan model pengembangan Four-D (4D) Model, yang terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Uji kualitas produk media dilakukan melalui uji kelayakan, uji kepraktisan, dan uji keterbacaan. Penerapan produk media dilakukan menggunakan tiga kelas X MIPA di SMA N 7 Purworejo, yaitu Kelas Kontrol, Kelas Hibrid (Eks-1), dan Kelas VR (Eks-2). Ketigakelas dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal hasil belajar kognitif dan angket pengaturan diri. Analisis data dilakukan dengan MANOVA untuk mengetahui pengaruh media terhadap hasil belajar kognitif dan pengaturan diri peserta didik.Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Karakteristik produk pengembangan media Laboratorium Kimia Realitas Virtual yaitu media dapat dioperasikan pada android smartphonedengan bantuan kontrolerdan kacamata VR sehingga pengguna seperti melakukan praktikum di laboratorium nyata. Media bisa menstimulasi beberapa konsep Redoks dan menstimulasikan gerakan elektron. Media memungkinkan peserta didik untukmengatur kegiatan belajarnya sendiri.(2) Kualitas produk pengembangan media Laboratorium Kimia Realitas Virtual pada materi Redoks untuk peserta didik SMA berdasarkan penilaian revieweradalah layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas dengan revisi pada beberapa bagian. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan pengaturan diri peserta didik pada Kelas Kontrol dengan peserta didik padaKelas Hibrid dan Kelas VR. (4) Sumbangan efektif yang diberikan oleh media pada Kelas Hibrid dan Kelas VR terhadappengaturan diri dan hasil belajar kognitif peserta didik berturut-turut adalah 21,2%dan16,9%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar kognitif, LKRV,pembelajaran hibrid, pengaturan diri,redoks
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Sep 2020 03:02
Last Modified: 21 Sep 2020 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68990

Actions (login required)

View Item View Item