Pengembangan Tes Fisika Menggunakan Media Computerized Adaptive Test untuk Memetakan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMA di Gunung Kidul.

Megawan, Muhammad and Istiyono, Edi (2020) Pengembangan Tes Fisika Menggunakan Media Computerized Adaptive Test untuk Memetakan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMA di Gunung Kidul. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Pengembangan tes didasari kebutuhan kurikulum untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk 1) mengetahui konstruksi tes, serta 2) karakteristik tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif Fisika kelas XI SMA yang dikembangkan dalam media Computerized Adaptive Test (CAT), 3) memetakan hasil pengukuran kemampuan berpikir kreatif dan 4) mengetahui efektifitas CAT sebagai media untuk menyelenggarakan tes dan memetakan kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D untuk pengembangan media yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Pada tahapan define dilakukan pendefinisian yang sesuai dengan literatur, kemudian pada tahap design dilakukan pengembangan instrumen tes dengan memasukkan model dari Wilson, Oriondo dan Antonio yang terdiri dari 3 Proses, yakni Perancangan tes, uji coba Tes dan perakitan tes. Hasilnya dikembangkan dalam tahap develop menjadi sebuah produk dan dilakukan diseminasi melalui seminar.Penelitian dilakukan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan subjek uji coba sebanyak 268 peserta didik kelas XI jurusan IPA. Sekolah tempat penelitian terdiri lima sekolah yakni SMAN 1 Wonosari, SMAN 2 Wonosari, SMAN 1 Karangmojo, SMAN 1 Tanjungsari dan SMAN 2 Playen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Produk instrumen tes berupa tes pilihan majemuk beralasan fisika, yang disusun dengan aspek berpikir divergen (keluwesan, kelancaran, keaslian, dan kerincian) yang terdiri dari 170 butir soal, (2) Tes yang dikembangkan memiliki karakteristik: a) Hasil validasi instrumen dengan rentang nilai V Aiken sebesar 0,67 hingga 0,93 yang dinyatakan valid; b) rerata INFIT MNSQ dan simpangan baku sebesar 1,00±0,07, dan seluruh butir fit rentang nilai INFIT MNSQ 0,8 sampai 1,2 c) reliabilitas dikategorikan baik; d) melalui analisis fungsi informasi dan SEM diperoleh kecocokan tes untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam rentang θ dari -1,4. Hingga 4; e) hasil validasi media dinyatakan baik dan layak digunakan. (3) Uji lapangan tes dengan CAT memperoleh hasil pemetaan kemampuan peserta didik di kategori sedang dan tinggi (4) Media CAT layak dikembangkan dengan efiktifitas sebesar 84%, sehingga layak digunakan sebagai media penilaian

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: computerized adaptive test, kemampuan berpikir kreatif, tes pilihan majemuk beralasan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Aug 2020 06:15
Last Modified: 06 Aug 2020 06:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68680

Actions (login required)

View Item View Item