Peningkatan Mindset Berwirausaha dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan melalui Media Pembelajaran "M- Learning" dengan Pendekatan Konstruktivistik.

Yunita, Risqa and Mulyani, Endang (2019) Peningkatan Mindset Berwirausaha dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan melalui Media Pembelajaran "M- Learning" dengan Pendekatan Konstruktivistik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mindset berwirausaha dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan; (2) peningkatan mindset berwirausaha siswa melalui media pembelajaran M-Learningdengan pendekatan konstruktivistik; (3) peningkatan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran M-Learningdengan pendekatan konstruktivistik.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimentsdengan nonequivalent(pretest and post-test). Penelitian dilaksanakan di kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas kontrol dan X akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan independent sample t-tes. Uji validitas dilakukan dengan Confirmatory Factor Analysisdan uji reliabilitas dengan metode Alpha Cronbach.Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada kelas kontrol nilai pretest mindset berwirausaha pada kategori sedang, nilai posttestnya pada kategori rendah. Pada kelas eksperimen, nilai pretest maupun posttest mindset berwirausaha pada kategori sedang. Dilihat dari rata-ratanya,nilai hasil belajar kelas kontrol meningkat dari 77.66menjadi 79.06, dan termasuk kategori sedang. Pada kelas eksperimen nilairata-ratanyameningkatdari 75.63menjadi 82.19 dan dilihat dari kategori kecenderungan termasuk kategori sangat tinggi. (2) hasil uji t peningkatan mindset wirausaha kelas kontrol dan kelas eksperimenadalah nilai t sebesar 1.192 dengan sig (2-tailed) 0.238 (nilai sig > 0.05)sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan mindset wirausahayang signifikan antara siswa yang menerapkan media pembelajaran “M-Learning” dengan siswa yang tidak. (3) hasil uji mann whitneypeningkatan hasil belajarkelas kontrol dan kelas eksperimenadalah nilai sig atau P value sebesar 0.024 < 0.05sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajaryang signifikan antara siswa yang menerapkan media pembelajaran “M-Learning” dengan siswa yang tidak diberikan media pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran m-learning ini mampu meningkatkan hasil belajarsiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: mindset wirausaha, hasil belajar, prakarya dan kewirausahaan, media pembelajaran, konstruktivistik
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:24
Last Modified: 30 Jul 2020 04:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68657

Actions (login required)

View Item View Item