Pengembangan Kalender Cerita Berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas IV di Kecamatan Ponjong.

Amalia, Eva and Harun, Harun (2020) Pengembangan Kalender Cerita Berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas IV di Kecamatan Ponjong. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media kalender cerita berbasis sosiokultural yang layak untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. (2) Mengetahui efektivitas media kalender cerita berbasis sosiokultural untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan langkah-langkah Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah yaitu : (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk, (8) uji coba lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, (10) diseminasi. Subjek pada uji coba lapangan awal/terbatas adalah sebelas siswa SD Trengguno, uji coba lapangan utama 41 siswa di SD Genjahan 3 dan SD Tegalrejo Baru, uji coba lapangan operasional 61 siswa di SD Gombang 1, SD Gombang 2, SD Muhammadiyah Bedoyo. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, skala respon siswa, dan skala respon guru. Analisis data menggunakan grafik trend dengan desain time series. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media kalender cerita berbasis sosiokultural memperoleh kriteria layak menurut ahli materi dan ahli media. Skor ahli media dengan nilai 4.53 dengan kriteria ‘sangat baik’. Skor ahli materi dengan nilai 4.3 dengan kriteria ‘sangat baik’. Media kalender cerita berbasis sosiokultural dinyatakan efektif dan layak digunakan setelah uji coba lapangan awal/terbatas, uji coba lapangan utama, uji coba lapangan operasional yang pada tiap sekolah dilakukan enam kali pertemuan dan mengalami kestasioneran pada uji keempat hingga keenam. Hasil ini dapat dilihat pada skor uji coba lapangan operasional dengan skor 65.57, 78.36, 85.90, 89.18, 89.83, 89.50. Berdasarkan skor perolehan tersebut didapatkan hasil Ho ditolak atau data bersifat stasioner. Perolehan tersebut menyimpulkan bahwa media kalender cerita berbasis sosiokultural efektif untuk keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kalender cerita, berbasis sosiokultural, membaca pemahaman
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2020 05:28
Last Modified: 01 Nov 2021 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68600

Actions (login required)

View Item View Item