Pengembangan Bahan Ajar Pandora Book of Science untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas III SD Se-Gugus Kendali Sodo.

Wulandari, Dyah Galih Rizki and Wilujeng, Insih (2019) Pengembangan Bahan Ajar Pandora Book of Science untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas III SD Se-Gugus Kendali Sodo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertunjuan untuk: 1) menghasilkan Pandora Book of Science yang layak untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan meningkatkan kemampuan literasi sains, dan 2) mengetahui keefektifan buku yang dikembangkan tersebut untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas III se-gugus Kendalisodo. Penelitian ini menggunakan model research and development dan mengacu pada 10 langkah pengembangan yang dikembangkan Borg&Gall. Subjek uji coba pada penelitian ini yakni siswa-siswi kelas III dengan usia berkisar 9-10 tahun jenjang Sekolah Dasar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, skala dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, lembar observasi analisis kebutuhan, skala penilaian ahli materi, skala penilaian ahli bahasa, angket terbuka respon guru, angket terbuka respon siswa, lembar observasi sikap peduli lingkungan, angket terbuka sikap peduli lingkungan, dan soal tes uraian extended. Kelayakan Pandora Book of Science yang dikembangkan dianalisis menggunakan skor yang dikonvensi kedalam empat kriteria kuantitatif. Keefektifan buku tersebut dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan dan meningkatkan kemampuan literasi sains dianalisis menggunakan skor N-Gain, Uji t, Uji MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pandora Book of Science yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, angket respon guru, dan angket respon siswa dengan kriteria “layak”; dan 2) buku tersebut efektif dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan dan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas III SD se- gugus Kendalisodo. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor N-Gain pada kedua kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa buku tersebut efektif dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan dan meningkatkan kemampuan literasi sains dengan taraf signifikansi 0,000. Hasil analisis MANOVA menunjukkan bahwa buku tersebut efektif dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan dan meningkatkan kemampuan literasi sains dengan taraf signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: literasi sains, Pandora Book of Science, sikap peduli lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2020 03:53
Last Modified: 22 Jul 2020 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68598

Actions (login required)

View Item View Item