Wulandari, Dyah Galih Rizki and Wilujeng, Insih (2019) Pengembangan Bahan Ajar Pandora Book of Science untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas III SD Se-Gugus Kendali Sodo. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (876kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertunjuan untuk: 1) menghasilkan Pandora Book of Science yang layak untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan meningkatkan kemampuan literasi sains, dan 2) mengetahui keefektifan buku yang dikembangkan tersebut untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas III se-gugus Kendalisodo. Penelitian ini menggunakan model research and development dan mengacu pada 10 langkah pengembangan yang dikembangkan Borg&Gall. Subjek uji coba pada penelitian ini yakni siswa-siswi kelas III dengan usia berkisar 9-10 tahun jenjang Sekolah Dasar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, skala dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, lembar observasi analisis kebutuhan, skala penilaian ahli materi, skala penilaian ahli bahasa, angket terbuka respon guru, angket terbuka respon siswa, lembar observasi sikap peduli lingkungan, angket terbuka sikap peduli lingkungan, dan soal tes uraian extended. Kelayakan Pandora Book of Science yang dikembangkan dianalisis menggunakan skor yang dikonvensi kedalam empat kriteria kuantitatif. Keefektifan buku tersebut dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan dan meningkatkan kemampuan literasi sains dianalisis menggunakan skor N-Gain, Uji t, Uji MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pandora Book of Science yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, angket respon guru, dan angket respon siswa dengan kriteria “layak”; dan 2) buku tersebut efektif dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan dan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas III SD se- gugus Kendalisodo. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor N-Gain pada kedua kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa buku tersebut efektif dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan dan meningkatkan kemampuan literasi sains dengan taraf signifikansi 0,000. Hasil analisis MANOVA menunjukkan bahwa buku tersebut efektif dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan dan meningkatkan kemampuan literasi sains dengan taraf signifikansi 0,000.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi sains, Pandora Book of Science, sikap peduli lingkungan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 03:53 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 03:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |