Pengembangan Modul Praktikum Pembelajaran Abad ke-21 dengan Menggunakan Metode Project Based Learning Berbantuan Software Audacity untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Efek Doppler

Susilawati, Susilawati and Maruto, Guntur (2019) Pengembangan Modul Praktikum Pembelajaran Abad ke-21 dengan Menggunakan Metode Project Based Learning Berbantuan Software Audacity untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Efek Doppler. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2019. pp. 34-37.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
PROSIDING 34 to 37_SUSILAWATI_UAD.pdf

Download (415kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul praktikum pembelajaran abad ke 21 dengan menggunakan metode project based learning berbantuan software audacity untuk meningkatkan penguasaan konsep efek Doppler. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X. Model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Untuk mengetahui kelayakan modul praktikum dilakukan validasi. Validasi ini berupa pemberian angket dengan kriteria dan indikator yang telah ditentukan. Pengembangan modul praktikum dilakukan uji ahli materi, ahli media dan pengguna. Presentase kelayakan sebesar 79,68% dari ahli materi, 77,27% dari ahli media dan 83,62% dari pengguna. Dengan persentase tersebut, maka modul praktikum dengan metode project based learning berbantuan software audacity di kategorikan layak sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi efek Doppler.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul Praktikum, Project Based Leraning,Audacity, Efek Doppler
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Prosiding > Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2019
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika
Depositing User: Himpunan Mahasiswa Fisika
Date Deposited: 21 Jul 2020 00:10
Last Modified: 21 Jul 2020 00:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68591

Available Versions of this Item

  • Pengembangan Modul Praktikum Pembelajaran Abad ke-21 dengan Menggunakan Metode Project Based Learning Berbantuan Software Audacity untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Efek Doppler. (deposited 21 Jul 2020 00:10) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item