PERBEDAAN TINGKAT KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DAN NONOLAHRAGA DI SMA NEGERI 1 GAMPING KABUPATEN SLEMAN

Nurdiansyah, Nurdiansyah (2020) PERBEDAAN TINGKAT KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DAN NONOLAHRAGA DI SMA NEGERI 1 GAMPING KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURDIN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kedisiplinan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan non-olahraga di SMA Negeri 1 Gamping Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga yang berjumlah 92 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan kriteria (1) peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga, (2) peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler non-olahraga, (3) bersedia menjadi sampel. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi yaitu 36 orang ekstrakurikuler olahraga dan nonolahraga yang berjumlah 34 orang di SMA Negeri 1 Gamping Kabupaten Sleman, yang diambil menggunakan. Instrumen yang digunakan yaitu angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan tingkat kedisiplinan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan non-olahraga di SMA Negeri 1 Gamping Kabupaten Sleman, dengan nilai t hitung 6,760 > t tabel 1,667, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Selisih kedisiplinan antara siswa peserta ekstrakurikuler olahraga dan non-olahraga sebesar 12,95. Artinya bahwa kedisiplinan siswa peserta ekstrakurikuler olahraga lebih baik daripada non-olahraga di SMA Negeri 1 Gamping Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, ekstrakurikuler olahraga, non-olahraga
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Jul 2020 06:32
Last Modified: 17 Jul 2020 06:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68579

Actions (login required)

View Item View Item