KETERLAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Kusuma, Gitaka Priya (2021) KETERLAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_gitaka priya kusuma_17601241015.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan proses pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid 19 di SMP Negeri se-Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan di SMP Negeri se-Kecamatan Saptosari yaitu SMP Negeri 1 Saptosari, SMP Negeri 2 Saptosari dan SMP Negeri 3 Saptosari. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari 2 guru di masing-masing SMP Negeri se-Kecamatan Saptosari. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid 19 di SMP Negeri se-Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul selalu terlaksana meskipun terdapat berbagai masalah dan hambatan seperti kendala jaringan dan kuota internet, guru PJOK di tiga SMP Negeri se-Kecamatan Saptosari cukup cekatan dalam mengatasi hal tersebut. Dilihat dari proses perencanaan pembelajaran seperti pembuatan RPP dan Silabus sudah sesuai dengan kondisi pandemi saat ini. Proses kegiatan belajar mengajar juga tetap terlaksana menggunakan berbagai aplikasi penunjang pembelajaran misalnya googleclassroom, googleform dan whatsapp group meskipun tidak semua guru melaksanakan seluruh poin kegiatan tetapi tetap melaksanakan inti-inti dari tiga kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: keterlaksanaan, pembelajaran PJOK, pandemi Covid 19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:47
Last Modified: 18 Oct 2021 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68528

Actions (login required)

View Item View Item