Korelasi Motivasi Belajar dengan Efektivitas Hasil Belajar Mahasiswa Semester Antara Mata Kuliah Termodinamika

Rochmawati, Fany and Linuwih, S. (2019) Korelasi Motivasi Belajar dengan Efektivitas Hasil Belajar Mahasiswa Semester Antara Mata Kuliah Termodinamika. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2019. pp. 18-23.

[img]
Preview
Text
PROSIDING 18 to 13_F ROCHMAWATI_UNNES.pdf

Download (503kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Perguruan tinggi menjadikan Sistem Kredit Semester (SKS) sebagai salah satu syarat mendapat gelar sarjana. Mahasiswa harus dapat mempertahankan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) melebihi ketentuan minimal pada seluruh perkuliahan yang dihadiri. Untuk itu, beberapa perguruan tinggi mengadakan semester antara dengan waktu belajar separuh dari semester regular dengn beban belajar yang sama. Salah satu mata kuliah yang dapat ditempuh di semester antara adalah termodinamika. Selanjutnya, untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan mahasiswa, dapat berhubungan dengan salah satu faktor belajar yaitu motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas mata kuliah termodinamika ketika ditempuh pada semester antara, serta apakah hasil belajar yang diperoleh berkorelasi dengan motivasi belajar mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh sebanyak 16 mahasiswa Pendidikan Fisika S1 FMIPA UNNES yang sedang menempuh mata kuliah Termodinamika pada semester antara pra-genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data untuk variabel motivasi belajar dilakukan dengan menggunakan instrument skala dan observasi. Sementara itu, untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa, dilakukan dengan cara dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi motivasi belajar terhadap hasil belajar semester antara mata kuliah termodinamika secara positif dan signifikan dengan koefisien korelasi 0,54. Untuk segi efektivitas, diperoleh tingkat realisasi harapan nilai akhir mahasiswa sebesar 92,68% dengan rata-rata kenaikan 28,53%. Sehingga efektivitasnya berada dalam kondisi efektif. Sementara itu, dari segi penguasaan materi entropi, berada dalam kondisi cukup efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar, efektivitas, semester antara, termodinamika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Prosiding > Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2019
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika
Depositing User: Himpunan Mahasiswa Fisika
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:23
Last Modified: 21 Jul 2020 00:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68431

Actions (login required)

View Item View Item