Identifikasi Lapisan Batuan Dasar Geoteknik dan Akuifer dengan Menggunakan Geolistrik Schlumberger untuk Pengembangan Peternakan Closed House Pt. Maju Makmur di Desa Surjo, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Rusdianti, Kholifah and Hartantyo, Eddy (2019) Identifikasi Lapisan Batuan Dasar Geoteknik dan Akuifer dengan Menggunakan Geolistrik Schlumberger untuk Pengembangan Peternakan Closed House Pt. Maju Makmur di Desa Surjo, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2019. pp. 7-12.

[img]
Preview
Text
PROSIDING 7 to 12_KHOLIFAH_UGM.pdf

Download (628kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Akuifer adalah suatu lapisan batuan yang dapat menyimpan dan mengalirkan air. Untuk menunjang rencana pengembangan pembangunan 8 unit kandang berkapasitas 400.000 ekor ayam peternakan Closed House milik PT. Maju Makmur dilakukan survei geofisika untuk mengetahui kondisi bawah permukaan termasuk persebaran zona akuifer di daerah penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis batuan penyusun struktur bawah permukaan berdasarkan nilai resistivitas di sekitar lokasi peternakan Closed House PT. Maju Makmur di Desa Surjo, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah dengan menggunakan metode Geolistrik konfigurasi Schlumberger. Kondisi geologi daerah penelitian terletak pada formasi Gunungapi Jembangan yang litologinya didominasi oleh batuan Klastika Gunungapi dengan fragmen Lava Andesit matriks terlapukan. Hasil penelitian menunjukkan sistem akuifer yang berkembang di lokasi penelitian terdiri dari akuifer tak tertekan, semi tertekan dan tertekan. Pada lokasi penelitian ini terdapat akuifer dangkal (kedalaman ≤ 5 m) berada pada akuifer tak tertekan yang berada pada litologi Soil dan Lempung Berpasir pada kedalaman 0-5 m, dan akuifer dalam (kedalaman ≥ 5 m) berada pada akuifer tertekan yang berada pada litologi Pasir Berlempung pada kedalaman 5-41 m. Batuan dasar di lokasi penelitian ini berupa litologi Breksi Gunungapi diperkirakan pada kedalaman 17-61 m dan memiliki ketebalan 9-21 m.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Geolistrik, Resistivitas, Akuifer, Gunungapi Jembangan
Subjects: Umum > Penelitian
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Prosiding > Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2019
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Himpunan Mahasiswa Fisika
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:24
Last Modified: 21 Jul 2020 00:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68417

Actions (login required)

View Item View Item