Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Readers Theatre dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 3 Panggang Gunungkidul.

Primasari, Yeni and Haryadi, Haryadi (2019) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Readers Theatre dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 3 Panggang Gunungkidul. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) proses pembelajaran keterampilan berbicara, (2) kemampuan bercerita peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Panggang Gunungkidul melalui penerapan strategi readers theatre dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tempat penelitian berada di SMP Negeri 3 Panggang Gunungkidul. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penugasan, angket, dan rekaman video. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar penilaian keterampilan berbicara, angket, jurnal membaca peserta didik, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa penerapan strategi readers theatre dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) mampu meningkatkan: (1) proses pembelajaran (2) kemampuan bercerita peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas pembelajaran di kelas dan saat kegiatan literasi. Berdasarkan nilai keterampilan berbicara pada saat pembelajaran, terdapat peningkatan nilai dari kegiatan prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Adapun nilai keterampilan berbicara pada kegiatan literasi menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Indikator keberhasilan produk penelitian ini adalah (1) terjadi peningkatan proses pembelajaran keterampilan berbicara (2) nilai rata-rata peserta didik mencapai 75 atau telah melampaui nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil meningkatkan (1) proses pembelajaran keterampilan berbicara, (2) kemampuan bercerita peserta didik. Penerapan strategi readers theatre dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara dan kemampuan bercerita peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Panggang Gunungkidul dapat tercapai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, strategi readers theatre, Gerakan Literasi Sekolah (GLS)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:23
Last Modified: 15 Jun 2020 02:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68259

Actions (login required)

View Item View Item