Praanggapan dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia di SMK N 1 Temon, Kulon Progo, Yogyakarta.

Rochmawati, Farida Yuni and Zamzani, Zamzani (2020) Praanggapan dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia di SMK N 1 Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) jenis-jenis praanggapan dan (2) bentuk tindak tutur praanggapan dalam interaksi belajar mengajar Bahasa Indonesia di SMK N 1 Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Sumber penelitian adalah pemakaian bahasa dalam peristiwa interaksi belajar mengajar Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Temon. Wujud data dalam penelitian ini adalah tuturan dalam interaksi belajar mengajar Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Temon. Analisis data menggunakan padan pragmatik Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan realibilitas berupa intrarater dan interrater. Hasil penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, jenis- jenis praanggapan terdiri dari: (1) praanggapan eksistensial, (2) praanggapan faktif, (3) praanggapan leksikal, (4) praanggapan nonfaktif, (5) praanggapan struktural, (6) praanggapan konterfaktual. Kedua, bentuk tindak tutur praanggapan terdiri dari: (a) tindak tutur lokusi, yaitu: (1) deklaratif dan (2) interogatif, (b) tindak tutur ilokusi, yaitu: (a) representatif dengan subkategori meliputi: menyatakan informasi, mengemukakan pendapat, menegaskan, dan pemberitahuan, (b) direktif dengan subkategori meliputi: menyuruh dan meminta tolong, (c) ekspresif dengan subkategori meliputi: meminta maaf, menyenangkan, mengeluh, dan terima kasih, dan (d) deklarasi dengan subkategori memutuskan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: praanggapan, interaksi belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:06
Last Modified: 15 Jun 2020 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68258

Actions (login required)

View Item View Item