Asmaningrum, Tri Hardiyanti (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MATERI PONDASI BATU KALI, SLOOF, KOLOM DAN DINDING MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG SMKN 1 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
cover.pdf Download (999kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (696kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (969kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tujuan yaitu: mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran konstruksi bangunan gedung dengan materi pondasi batu kali, sloof, kolom dan dinding. Penelitian ini adalah salah satu penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan RnD. Research and Development (R&D) ini mengadaptasi model pengembangan four-D (4D) oleh Thiagarajan (1974). Secara garis besar penelitian ini dilakukan pada empat tahap utama, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan diseminasi (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Angket digunakan dalam langkah validasi dan penilaian produk oleh ahli dan guru untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran ini diketahui bahwa pengembangan video animasi melalui tahap 4D. Tahap define menghasilkan konsep permasalahan, siswa, dan pembelajaran di kelas XI KGSP SMKN 1 Purworejo. Tahap design menghasilkan video animasi dengan format .mp4 dan .exe serta resolusi high quality. Tahap develop untuk mengetahui penilaian kelayakan berdasarkan ahli materi, ahli media, dan guru (ahli materi). Kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi sebesar (3,93) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan. sedangkan berdasarkan validasi ahli media sebesar (3,68) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan. Hasil penilaian oleh guru medapatkan skor (3,73) termasuk kriteria “sangat layak” Tahap disseminate pertama memberikan kepingan CD/DVD untuk guru, kedua yaitu pengunggahan video ke youtube, dan media pembelajaran interaktif diunggah ke google drive. Kata Kunci : dinding, kolom, media pembelajaran, pondasi batu kali, sloof, video animasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan |
Depositing User: | Tri Hardiyanti Asmaningrum 16505244027 |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 05:27 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 05:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68131 |
Actions (login required)
View Item |