PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MATERI PONDASI BATU KALI, SLOOF, KOLOM DAN DINDING MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG SMKN 1 PURWOREJO

Asmaningrum, Tri Hardiyanti (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MATERI PONDASI BATU KALI, SLOOF, KOLOM DAN DINDING MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG SMKN 1 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tujuan yaitu: mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran konstruksi bangunan gedung dengan materi pondasi batu kali, sloof, kolom dan dinding. Penelitian ini adalah salah satu penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan RnD. Research and Development (R&D) ini mengadaptasi model pengembangan four-D (4D) oleh Thiagarajan (1974). Secara garis besar penelitian ini dilakukan pada empat tahap utama, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan diseminasi (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Angket digunakan dalam langkah validasi dan penilaian produk oleh ahli dan guru untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran ini diketahui bahwa pengembangan video animasi melalui tahap 4D. Tahap define menghasilkan konsep permasalahan, siswa, dan pembelajaran di kelas XI KGSP SMKN 1 Purworejo. Tahap design menghasilkan video animasi dengan format .mp4 dan .exe serta resolusi high quality. Tahap develop untuk mengetahui penilaian kelayakan berdasarkan ahli materi, ahli media, dan guru (ahli materi). Kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi sebesar (3,93) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan. sedangkan berdasarkan validasi ahli media sebesar (3,68) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan. Hasil penilaian oleh guru medapatkan skor (3,73) termasuk kriteria “sangat layak” Tahap disseminate pertama memberikan kepingan CD/DVD untuk guru, kedua yaitu pengunggahan video ke youtube, dan media pembelajaran interaktif diunggah ke google drive. Kata Kunci : dinding, kolom, media pembelajaran, pondasi batu kali, sloof, video animasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Tri Hardiyanti Asmaningrum 16505244027
Date Deposited: 24 Sep 2024 05:27
Last Modified: 24 Sep 2024 05:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68131

Actions (login required)

View Item View Item