Pendidikan Multikultural dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun di KB-TK Hamemayu

Al Badawi, Siti Hitthotunnahdliyyah and Rohman, Arif (2019) Pendidikan Multikultural dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun di KB-TK Hamemayu. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan multikultural belum banyak dikembangkan dan dilaksanakan di TK Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pelaksanaan pendidikan multikultural dalam pengembangan kemampuan sosial anak usia dini, (2) perkembangan kemampuan sosial anak, (3) serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan multikultural dalam pengembangan kemampuan sosial anak di TK Hamemayu Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Penentuan informan sebagai sumber data penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas kepala sekolah dan guru kelompok TK A dan B. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) untuk mereduksi data yang dikumpukan dari berbagai sumber data dengan cara yang andal dan akurat, kemudian ditemukan pola dan hubungan antar data. Data yang sudah dianalisis kemudian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga temuan. Pertama, pendidikan multikultural dilaksanakan melalui program utama dan pendukung dengan menggunakan pendekatan kontribusi. Kedua, kemampuan sosial yang muncul dan dikembangkan dalam pelaksanaan pendidikan multikultural terdiri atas sikap percaya diri, mandiri, sabar, taat terhadap aturan, peduli dan mau membantu, serta menghargai dan toleransi. Kemampuan ini dikembangkan melalui metode pembiasaan, bercerita, modeling, kegiatan diskusi, dan bermain. Ketiga, faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan ini terdiri atas orang tua, anak dan sekolah. Selain itu, faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan ini terdiri atas orang tua, teman sebaya, guru, program sekolah, psikolog, dan komite.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan multikultural, kemampuan sosial, anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Apr 2020 13:40
Last Modified: 01 Apr 2020 13:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68018

Actions (login required)

View Item View Item