engembangan Buku Panduan Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun.

Sholihah, Mar'atus and Ayriza, Yulia (2019) engembangan Buku Panduan Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh informasi mengenai kebutuhan yang diperlukan dalam pengembangan model pembelajaran cooperative learning tipe Number Heads Together (NHT) untuk meningkatkan perilaku prososial anak usi 4-5 tahun, (2) menghasilkan buku panduan yang layak menurut ahli materi dan ahli media mengenai penerapan model cooperative learning untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun, dan (3) mengetahui keefektifan buku panduan dalam penerapan model cooperative learning untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model 4-D. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan uji coba dilaksanakan sebanyak 3 tahap yaitu uji coba perorangan sebanyak empat anak dan satu guru di TK Pertiwi Bendan, uji coba kelompok kecil pada dua guru dan sepuluh anak di TK Arrofah 5, serta uji efektivitas sebanyak 46 anak di TKIT An Nahl dan TKIT Ngadirejo. Instrumen penggunaan data yang digunakan adalah angket untuk validasi ahli, angket respon guru, dan lembar observasi perilaku prososial anak usia 4 -5 tahun. Hasil penelitian ini adalah (1) sebuah buku panduan penerapan model cooperative learning untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun. (2) Pengembangan buku panduan penerapan model cooperative learning untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun telah dinyatakan “layak” oleh ahli materi dengan skor sebesar 46 serta telah dinyatakan “sangat layak” oleh ahli media dengan skor sebesar 76. (3) Keefektifan buku panduan penerapan model cooperative learning diperoleh berdasarkan adanya perbedaan peningkatan perilaku prososial anak antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan α = 0,002, dan p < 0,05 serta dengan rata-rata eksperimen sebesar 9,52 dan rata-rata kelompok kontrol sebesar 8,17. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku panduan penerapan model cooperative learning efektif untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku panduan, cooperative learning, prososial, anak usia dini.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2020 06:49
Last Modified: 19 Mar 2020 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67920

Actions (login required)

View Item View Item