PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM ELECTRONIC FUEL INJECTIONS (EFI) BERBASIS ANDROID DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Ikhsan, Muhammad Rifa'i (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM ELECTRONIC FUEL INJECTIONS (EFI) BERBASIS ANDROID DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran sistem Electronic Fuel Injections (EFI) berbasis Android, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran sistem Electronic Fuel Injections (EFI) berbasis Android, dan (3) mengetahui tangggapan peserta didik terhadap media pembelajaran sistem Electronic Fuel Injections (EFI) berbasis Android. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Terdapat sepuluh langkah pada model ini, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data atau informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini diperoleh (1) Produk berupa media pembelajaran sistem Electronic Fuel Injections (EFI) berbasis Android, (2) Penilaian kelayakan media dari segi materi memperoleh skor 76 dan termasuk dalam kategori sangat layak. Penilaian kelayakan media dari segi media memperoleh skor 79 dan termasuk dalam kategori sangat layak. (3) Tanggapan peserta didik saat uji coba produk, pada aspek penggunaan memperoleh skor rata-rata 36,50 yang termasuk dalam kategori sangat mudah dan pada aspek kebermanfaatan memeroleh skor rata-rata 32,70 yang termasuk kategori sangat bermanfaat. Tanggapan peserta didik saat uji coba pemakaian, pada aspek penggunaan memperoleh skor rata-rata 36,77 yang termasuk dalam kategori sangat mudah dan pada aspek kebermanfaatan memeroleh skor rata-rata 32,65 yang termasuk kategori sangat bermanfaat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, electronic fuel injection, android
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:27
Last Modified: 11 Mar 2020 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67839

Actions (login required)

View Item View Item