Ikhsan, Muhammad Rifa'i (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM ELECTRONIC FUEL INJECTIONS (EFI) BERBASIS ANDROID DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (928kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran sistem Electronic Fuel Injections (EFI) berbasis Android, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran sistem Electronic Fuel Injections (EFI) berbasis Android, dan (3) mengetahui tangggapan peserta didik terhadap media pembelajaran sistem Electronic Fuel Injections (EFI) berbasis Android. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Terdapat sepuluh langkah pada model ini, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data atau informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini diperoleh (1) Produk berupa media pembelajaran sistem Electronic Fuel Injections (EFI) berbasis Android, (2) Penilaian kelayakan media dari segi materi memperoleh skor 76 dan termasuk dalam kategori sangat layak. Penilaian kelayakan media dari segi media memperoleh skor 79 dan termasuk dalam kategori sangat layak. (3) Tanggapan peserta didik saat uji coba produk, pada aspek penggunaan memperoleh skor rata-rata 36,50 yang termasuk dalam kategori sangat mudah dan pada aspek kebermanfaatan memeroleh skor rata-rata 32,70 yang termasuk kategori sangat bermanfaat. Tanggapan peserta didik saat uji coba pemakaian, pada aspek penggunaan memperoleh skor rata-rata 36,77 yang termasuk dalam kategori sangat mudah dan pada aspek kebermanfaatan memeroleh skor rata-rata 32,65 yang termasuk kategori sangat bermanfaat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, electronic fuel injection, android |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 11 Mar 2020 01:27 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 01:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67839 |
Actions (login required)
View Item |