EFEKTIVITAS MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP PENGENALAN KONSEP BILAGAN 1-10 PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB YAPENAS UNIT II SLEMAN

Ilham, Eka Prastia (2018) EFEKTIVITAS MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP PENGENALAN KONSEP BILAGAN 1-10 PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB YAPENAS UNIT II SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ilham Eka Prastia_12103241025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media kantong bilangan dalam pembelajaran mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak tunagrahita ringan kelas I SDLB di SLB Yapenas Unit II Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Subyek penelitian ini berjumlah satu orang siswa tunagrahita kategori ringan kelas I SDLB di SLB Yapenas Unit II Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan tes mengenal konsep bilangan 1-10, observasi dan dokumentasi sebagai pelengkap data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi dengan penyajian data menggunakan grafik. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa media kantong bilangan efektif terhadap pengenalan konsep bilangan 1-10 pada anak tunagrahita ringan kelas I SDLB Yapenas Unit II Sleman. Hasil ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase keberhasilan siswa yang meningkat dan melebihi batas KKM yang ditentukan yaitu 65%. Hasil ditunjukkan dengan perubahan siswa mengenal bilangan, pada tahap Baseline-1 hanya mampu membilang 1,2, dan 3 serta hanya mampu menghitung gambar benda yang berjumlah 2. Setelah diberikan Intervensi siswa mampu membilang 1-10, namun belum mampu pada bilangan 9. Perubahan juga terjadi pada kemampuan menghitung jumlah gambar benda. Siswa mampu menghitung benda yang lebih dari 2. Peningkatan persentase dari Baseline-1 (A) sebesar 55% ke Intervensi (B) meningkat secara konsisten menjadi 85%. Berdasarkan hasil tersebut, terjadi peningkatan sebesar 30% dan telah melampaui KKM sebesar 65%. Dari data penelitian tersebut, disimpulkan bahwa melalui media kantong bilangan, pemahaman siswa mengenal konsep bilangan 1-10 dapat meningkat dan media dikatakan efektif untuk anak tunagrahita kategori ringan. Kata kunci: pengenalan konsep bilangan 1-10, media kantong bilangan, tunagrahita ringan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:27
Last Modified: 09 Mar 2020 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67817

Actions (login required)

View Item View Item