Pengembangan Rubrik Penilaian Autentik untuk Menilai Hasil Pembelajaran Permainan SepakBola pada Siswa SMP.

Fuaddi, Fuaddi and Tomoliyus, Tomoliyus (2019) Pengembangan Rubrik Penilaian Autentik untuk Menilai Hasil Pembelajaran Permainan SepakBola pada Siswa SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan intrumen penilaian autentik materi permainan sepakbola yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik anak di SMP, serta mengembangkan intrumen penilaian autentik materi permainan sepakbola di SMP yang memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang baik. Penelitian ini merupakan research and development dengan Model 4-D yang meliputi empat tahapan: define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa intrumen pengamatan yang dilengkapi dengan rubrik penskoran. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 52 siswa kelas VII yang ditentukan menggunakan teknik sampel penuh. Populasi penelitian yaitu siswa SMP 3 dan 4 Pengasih Kulonprogo. Data uji coba diambil dengan cara pengamatan lansung dengan menggunakan intrumen penilaian yang sudah dikembangkan, untuk mencari validitas data dianalisis dengan korelasi product moment dan untuk mencari relibilitas dengan menggunakan Cronbach’s alpha. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa intrumen pengamatan yang dilengkapi dengan rubrik penskoran, memiliki validitas empirik pada masing-masing butir: pengambilan keputusan 0,735; kerjasama 0,749; kejujuran 0,559; dan pelaksanaan skill 0,747. Seluruh butir menunjukkan rhitung lebih besar dari rtabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa semua butir dinyatakan valid. Reliabilitas rubrik penilaian autentik permainan sepak bola diestimasi menggunakan koefisien alpha sebesar 0,772, dengan demikian dapat disimpulkan sudah reliabel.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: intrumen penilaian autentik, penilaian autentik, rubrik penilaian
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:07
Last Modified: 09 Mar 2020 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67814

Actions (login required)

View Item View Item