EFEKTIVITAS PENDEKATAN MODIFIKASI PERILAKU DENGAN TEKNIK HUKUMAN UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL DI SLB RELA BHAKTI I GAMPING

Alia, Ihromi (2018) EFEKTIVITAS PENDEKATAN MODIFIKASI PERILAKU DENGAN TEKNIK HUKUMAN UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL DI SLB RELA BHAKTI I GAMPING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Alia Ihromi_14103241055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan modifikasi perilaku dengan teknik hukuman untuk mengurangi perilaku hiperaktif anak dengan hambatan intelektual kelas III di SLB Rela Bhakti I Gamping. Modifikasi perilaku merupakan cara mengubah perilaku dengan menerapkan prinsip-prinsip belajar. Dan hukuman merupakan konsekuensi langsung yang diberikan kepada perilaku target yang menyebabkan perilaku yang tidak diinginkan dapat menurun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakaan adalah Single Subject Research (SSR) dengan metode A-B-A’. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak dengan hambatan intelektual kategori sedang yang disertai dengan perilaku hiperaktif di SLB Rela Bhakti I Gamping. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Komponen-komponen yang dianalisis adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pendekatan modifikasi perilaku dengan teknik hukuman efektif untuk mengurangi perilaku hiperaktif yang muncul pada anak dengan hambatan intelektual kategori sedang kelas III di SLB Rela Bhakti I Gamping. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya penurunan frekuensi perilaku pada tiap aspek perilaku hiperaktif anak pada fase intervensi (B) dan fase baseline II (A’).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:26
Last Modified: 09 Mar 2020 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67812

Actions (login required)

View Item View Item