Analisis Keterserapan dan Relevansi Kompetensi dengan Kebutuhan Dunia Kerja Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan.

Afandi, Khamdi and Wijanarka, Bernardus Sentot (2019) Analisis Keterserapan dan Relevansi Kompetensi dengan Kebutuhan Dunia Kerja Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis tingkat keterserapan lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di Kota Yogyakarta; (2) Mendeskripsikan tingkat kebutuhan kompetensi lulusan SMK Teknik Pemesinan di industri bidang pemesinan di DIY; dan (3) Mendeskripsikan tingkat relevansi antara kompetensi lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan dengan kompetensi yang dibutuhkan di industri bidang pemesinan di DIY. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan di 4 SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan dan 4 Industri Bidang Pemesinan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Kuesioner digunakan untuk mengukur tingkat kebutuhan dan tingkat relevansi kompetensi teknik pemesinan. Wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menganalisis keterserapan lulusan di dunia kerja. Validasi instrumen menggunakan Uji Validitas Konstruk dengan Judgment Expert. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dan data kualitatif menggunakan Model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tingkat keterserapan lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan rendah yaitu sebesar 66%; (2) Tingkat kebutuhan kompetensi teknik pemesinan industri pemesinan dalam mempekerjakan lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di DIY sangat tinggi sebesar 100% dan (3) Tingkat relevansi kompetensi antara kompetensi lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan dengan kompetensi yang dibutuhkan di industri pemesinan termasuk dalam kategori sangat relevan dengan persentase 100%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterserapan, relevansi kompetensi, dunia kerja, teknik pemesinan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:10
Last Modified: 03 Mar 2020 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67767

Actions (login required)

View Item View Item