fektivitas Model Outdoor Learning untuk Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Nahulae, Eva Monika and Zamtinah, Zamtinah (2019) fektivitas Model Outdoor Learning untuk Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) efektivitas model outdoor learning untuk peningkatan kemampuan kognitif siswa; (2) efektivitas model outdoor learning untuk peningkatan jiwa kewirausahaan siswa; (3) perbedaan efektivitas model outdoor learning untuk peningkatan kemampuan kognitif siswa antara SMK Negeri 2 Medan (SMKN 1 MDN) dan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan (SMKN 1 PST). Penelitian dilaksanakan di SMKN 2 MDN dan SMKN 1 PST. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan statistik parametrik berupa: analisis deskriptif, uji independent sampel t-test dan uji ngain-persen. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model outdoor learning efektif untuk peningkatan kemampuan kognitif siswa SMKN 2 MDN berdasarkan nilai rerata posttest lebih dari nilai kriteria ketuntasan minimal 75 yaitu sebesar 78.11 dan nilai rerata n-gain persen sebesar 56.15% yaitu berada kategori “cukup efektif”; (2) Model outdoor learning efektif untuk peningkatan kemampuan kognitif siswa SMKN 1 PST berdasarkan nilai rerata lebih dari nilai kriteria ketuntasan minimal 75 yaitu sebesar 80.25 dan nilai rerata n-gain persen sebesar 56.42% yaitu berada kategori “cukup efektif”; (3) Tidak ada perbedaan efektivitas model outdoor learning untuk peningkatan kemampuan kognitif siswa SMKN 2 MDN dan SMKN 1 PST diketahui melalui independent sampel t-test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.194 > 0.05; (4) Model outdoor learning efektif untuk peningkatan jiwa kewirausahaan berdasarkan rerata nilai pretest dan posttest siswa SMKN 2 MDN yaitu sebesar 43.77 < 75.55 dan nilai n-gain persen sebesar 60.01 % yaitu berada kategori “cukup efektif.” (5) Model outdoor learning efektif untuk peningkatan jiwa kewirausahaan berdasarkan rerata nilai pretest dan posttest siswa SMKN 1 PST yaitu sebesar 39.79 < 76.87 dan nilai n- gain persen sebesar 61.48% yaitu berada kategori “cukup efektif”

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model outdoor learning, Kemampuan kognitif, Jiwa kewirausahaan.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:58
Last Modified: 03 Mar 2020 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67763

Actions (login required)

View Item View Item