Putri, Triwahyuni Rezki and Sugito, Sugito (2019) Penerimaan Orang Tua terhadap Anak Usia Dini dengan Gangguan Spektrum Autis di TK Bubble Kidz Palembang. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Semua orang tua menginginkan anak dengan keadaan yang normal, faktanya tidak semua anak terlahir dengan keaadaan normal. Salah satunya adalah anak dengan gangguan spektrum autis. Tentunya tidak semua orang tua bisa menerima anak dengan gangguan spektrum autis. Kurangnya pengetahuan tentang anak dengan gangguan spektrum autis membuat orang tua bingung dan tidak percaya diri untuk membimbing anak. Tujuan dari penelitian ini ialah: (1) menganalisa proses penerimaan orang tua yang memiliki anak usia dini dengan gangguan spektrum autis, (2) mengidentifikasi bagaimana proses bimbingan yang dilakukan orang tua dengan anak yang mengalami gangguan spektrum autis, (3) mencari kendala yang dihadapi orang tua yang memiliki anak dengan gangguan spektrum autis, (4) menganalisa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak dengan gangguan spektrum autis. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan subjek penelitian yaitu orang tua siswa di TK Bubble Kidz Palembang yang memiliki anak usia dini dengan gangguan spektrum autis. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan narasumber serta diperkuat dengan dokumentasi dan hasil observasi yang peneliti lakukan. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif. Pada penelitian ini ditemukan bahwa: (1) orang tua dapat menerima anak dengan gangguan spektrum autis melaluli beberapa fase, yaitu fase shock, fase ketidakpercayaan, fase marah, dan fase depresi, (2) orangtua memberikan bimbingan berupa pembiasaan, bimbingan dalam bidak pendidikan, dan pengasuhan bagi anak, (3) orangtua mengalami beberapa kendala saat memberikan bimbingan kepada anak hal ini dikarenakan anak harus selalu di dampingi dan sulitnya anak untuk diajak berkomunikasi, (4) upaya yang dilakukan orang tua adalah dengan cara memberikan fasilitas layanan pendidikan, kesehatan, dan terapi. Penerimaan yang dilakukan orang tua dapat terjadi karena berbagai faktor yang mendukung, salah satunya adalah dukungan dari keluarga, keadaan ekonomi, tingkat pendidikan orang tua, serta nilai agama yang dimiliki orang tua.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak usia dini, gangguan spektrum autis, penerimaan orang tua |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 03:27 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 03:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67720 |
Actions (login required)
View Item |