KEEFEKTIVAN MODUL “KEGUNAAN SINAR MATAHARI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI “ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN DI KELAS IV SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 YOGYAKARTA

Purwandari, Ernisa (2012) KEEFEKTIVAN MODUL “KEGUNAAN SINAR MATAHARI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI “ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN DI KELAS IV SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, FIP-UNY.

[img]
Preview
Text
Nisa.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan modul “Kegunaan Sinar Matahari Dalam Kehidupan Sehari-Hari” dalam meningkatkan keterampilan proses belajar IPA siswa tunagrahita kategori ringan di kelas IV SLB Negeri 2 Yogyakarta. Keterampilan proses belajar IPA yang menjadi fokus penelitian adalah keterampilan mengobservasi dan mengomunikasikan materi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas IV di SLB Negeri 2 Yogyakarta, yang berjumlah 3 siswa. Desain yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan uji validitas konstruk (kesesuaian antara teori dengan materi) dan validitas isi (kesesuaian antara isi dengan materi). Analisis data menggunakan statistik inferensia dengan statistik non parametrik tes U Mann Whitney. Hasil penelitian ini yaitu modul “Kegunaan Sinar Matahari Dalam Kehidupan Sehari-Hari” efektiv untuk meningkatkan keterampilan proses belajar IPA siswa tunagrahita kategori ringan di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya perubahan skor sebelum dan setelah diadakannya 4 kali perlakuan menggunakan modul. Terbukti adanya peningkatan skor pretest dapat dilihat dari hasil post-test dengan presentase perubahan rata-rata ketiga subjek 29.8%. Hasil tes uji U Mann Whitney sebagai pendukung perhitungan keefektivan modul menghasilkan harga U observasi atau p terbesar 0,05. Angka tersebut bermakna bahwa harga p sama besar dengan alfa= 0,05, sehingga Ho ditolak dan menerima Hα. Peningkatan skor keterampilan proses belajar IPA siswa tunagrahita kategori ringan mencapai nilai yang melebihi kriteria ketuntasan minimal yaitu 65%. Peningkatan ini juga didukung dengan keaktifan siswa selama kegiatan belajar mengajar terutama dalam mengobservasi dan mengomunikasikan materi. Kata kunci: modul “Kegunaan Sinar Matahari Dalam Kehidupan Sehari-Hari”, keterampilan proses belajar IPA, siswa tunagrahita kategori ringan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 24 Oct 2012 08:23
Last Modified: 29 Jan 2019 16:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6772

Actions (login required)

View Item View Item