PENINGKATAN KOMPETENSI DASAR PENGUKURAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK KRISTEN 1 KLATEN MENGGUNAKAN TRAINER PENGUKURAN LISTRIK

Hernawan, Hernawan (2020) PENINGKATAN KOMPETENSI DASAR PENGUKURAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK KRISTEN 1 KLATEN MENGGUNAKAN TRAINER PENGUKURAN LISTRIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan media pembelajaran Trainer Pengukuran Listrik dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas X Teknik Otomasi Industri (TOI) pada kompetensi dasar pengukuran tahanan, arus, dan tegangan listrik searah (DC) di SMK Kristen 1 Klaten. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model dari Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TOI semester gasal tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 14 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, Pretes, Postes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan Trainer Pengukuran Listrik pada kompetensi dasar pengukuran tahanan, arus, dan tegangan listrik DC dapat meningkatkan kompetensi siswa pada ranah kognitif. Berdasarkan penilaian ranah kognitif melalui Pretes dan Postes, dapat ditunjukkan bahwa nilai rata-rata saat Pretes adalah 42,5. Meningkat pada Postes Siklus I menjadi 65,36. Meningkat kembali pada Postes Siklus II dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 79,29 ; (2) Penggunaan Trainer Pengukuran Listrik pada kompetensi dasar pengukuran tahanan, arus, dan tegangan listrik DC dapat meningkatkan kompetensi siswa pada ranah afektif. Berdasarkan hasil observasi ranah afektif, dapat ditunjukkan bahwa presentase baik pada Siklus I adalah 28,57%. Meningkat pada Siklus II dengan presentase 85,71% ; (3) Penggunaan Trainer Pengukuran Listrik pada kompetensi dasar pengukuran tahanan, arus, dan tegangan listrik DC dapat meningkatkan kompetensi siswa pada ranah psikomotor. Berdasarkan hasil observasi ranah psikomotor, dapat ditunjukkan bahwa nilai rata-rata pada Siklus I adalah 55,07. Meningkat pada observasi Siklus II menjadi 80,71.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: trainer, kompetensi,pengukuran listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Feb 2020 06:56
Last Modified: 26 Feb 2020 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67705

Actions (login required)

View Item View Item