Kharisma, Candra (2020) MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KR B SMK PIRI SLEMAN PADA MATA PELAJARAN PSPT KR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SMK PIRI Sleman pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan (PSPTKR) melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan selama dua siklus penelitian. Desain penelitian disetiap siklus menggunakan empat langkah dari penelitian tindakan kelas yaitu, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI KR B SMK PIRI Sleman pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan data dilakukan melalui lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa, dan mengamati pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, serta tes evaluasi untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dikatakan berhasil bila persentase keaktifan mencapai 70% (kategori baik) dan 75% siswa telah tuntas KKM (kategori baik) dengan nilai minimal 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI KR B SMK PIRI Sleman. Hal ini terbukti dari siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 60 % dan hasil belajar siswa sebesar 30% meningkat pada siklus II persentase keaktifan dan ketuntasan hasil belajar telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan dengan persentase keaktifan mencapai 79% (kategori baik) dan siswa tuntas KKM sebesar 80% (kategori sangat baik).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw. |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 06:22 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 06:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67690 |
Actions (login required)
View Item |